Persipura Jayapura - Paruh Kedua Musim 2012/2013


- Bursa Transfer -
Kabar mengejutkan dari sang kapten, Boaz Solossa yang hijrah ke Qatar untuk bergabung dengan Al-Arabi. Keputusan yang diambil sepihak oleh pemilik klub karena tawaran dari klub tersebut senilai Rp 10.000.000.000,00 terlalu bagus untuk ditolak tanpa berdiskusi dengan manajemen klub.
- Februari - 
Bulan ini diawali dengan kualifikasi Liga Champion Asia (LCA) yang bertemu dengan Muangthong United (Thailand) di semi final (1-0) dan Persija 1928 (3-0) di final. Hal tersebut meloloskan Persipura ke babak utama LCA dan tergabung di grup E bersama Guangzhou (China), Ulsan (Korsel), dan Kashima Antlers (Jepang). Di laga pertama harus mengakui keunggulan Guangzhou dengan skor 2-1. Selain itu di Piala Indonesia, Persipura berhasil melaju ke babak selanjutnya setelah mengandaskan perlawanan PSBS Bangkinang di babak kelima dengan aggregat 5-0.

Penghargaan di bulan Februari
Manager of the Month

- Maret -
Bulan yang padat, 5 pertandingan ISL, 2 pertandingan Piala Indonesia, dan 2 pertandingan Liga Champion Asia. Dalam lanjutan Piala Indonesia, Persipura berhasil lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Persibo Bojonegoro di perempat final dengan aggregat 6-2, selain itu di ISL Persipura mengalami kekalahan kedua musim ini dari Arema FC 1-2. Di LCA kejutan terjadi setelah Persipura berhasil mengalahkan Ulsan 4-2 dan Kashima Antlers 6-2, lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar.

Penghargaan di bulan Maret
-

- April -
Bulan April dibuka dengan pertandingan LCA melawan Guangzhou dan berkesudahan dengan hasil imbang 1-1. Di semifinal Piala Indonesia leg pertama harus mengakui keunggulan PSM Makassar dengan skor 1-2 dan di pertandingan LCA lainnya, Persipura harus mengakui keunggulan Ulsan dengan skor 1-2, peluang lolos ke babak kedua masih terbuka lebar asal di pertandingan terakhir imbang atau kalah tidak lebih dengan selisih empat gol melawan Kashima Antlers. Semua laga ISL disapu bersih dengan kemenangan.

Penghargaan di bulan April
Manager of the Month 2nd Place

- Mei -
Bulan yang cukup kacrut, tapi luar biasa. Kacrut karena jarang menang di bulan ini dan luar biasa karena Persipura berhasil lolos ke babak kedua LCA dan mengunci gelar ISL di bulan ini walaupun kalah saat melawan Persebaya Surabaya, hal ini karena pesaing terdekat, Persiwa Wamena gagal meraih kemenangan di pekan yang sama sehingga perolehan poin Persipura sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh kontestan lain.
Mempertahankan gelar ISL dua kali berturut-turut dibawah komando Putra Martvianda
Di pertandingan terakhir grup E LCA melawan Kashima Antlers, Persipura harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 0-2, tapi hal ini tetap meloloskan Persipura karena unggul selisih gol. Namun perjalanan Persipura hanya sampai babak kedua LCA setelah dikalahkan oleh Chunnam (Korea Selatan) dengan skor 2-3.
Klasemen akhir grup E Liga Champion Asia (LCA)
Di lanjutan Piala Indonesia pun Persipura harus tersingkir di babak semifinal oleh PSM Makassar setelah di leg kedua kedua tim bermain imbang 2-2 dalam pertandingan yang berlangsung selama 120 menit dimana pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu setelah bermain imbang 3-3 (agregat) selama 90 menit. Persipura gagal mempertahankan gelar di Piala Indonesia tahun ini.


Penghargaan di bulan Mei
Player of the Month: Patrich Wanggai (1st Place)
Young Player of the Month: Nelson Alom (2nd Place) dan Daniel Tata (3rd Place)

- Juni -
Pertandingan terakhir ISL musim ini dimana Persipura berhasil mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 1-0 di Stadion Mandala. Pertandingan ini juga merupakan perpisahan dengan beberapa pemain yang tidak akan membela Persipura di musim depan, seperti, Ortizan Solossa  (Pensiun), Otavio Dutra (Pindah ke Jeonbuk Motors), dll.


- Klasemen akhir Indonesia Super League -
Mengumpulkan 76 poin dari 34 pertandingan (23 menang, 7 imbang, 4 kalah) dan unggul cukup jauh dari pesaing terdekat, Sriwijaya FC yang mengumpulkan 62 poin, selisih 14 poin.
- Penghargaan Musim 2012/2013 -
Team of the Year
Yoo Jae-Hoon, Otavio Dutra, & Lim Joon-Shik

- Top Player -
Top Scorer
Irfan Bachdim - 25 gol dari 37 penampilan
Top Assist
Yohanes Ferinando Pahabol - 21 assist dari 55 penampilan
Top Rating
Irfan Bachdim - 7,47

Persipura's Fans Player of the Year
Otavio Dutra

Best Eleven Persipura - 2012/2013

sampai jumpa di...
Persipura Jayapura - Paruh Pertama Musim 2013/2014...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar