Timnas Ghana - Tahun 2016


- Orange Africa Cup of Nations 2017 Qualification -
Jadwal & Hasil Pertandingan
Cukup mudah untuk membawa Ghana ke babak utama Piala Afrika. Cukup satu kemenangan saat melawan Guinea-Bissau sudah bisa membawa Ghana lolos.
Kemenangan bisa diraih saat melawan Guinea-Bissau & Ghana berhasil lolos ke Piala Afrika 2017. Ini adalah partisipasi Ghana yang ke-21 di Piala Africa yang akan dilaksanakan tahun depan.
Asosiasi sepakbola Ghana senang dengan lolosnya Timnas Ghana ke Piala Afrika 2017 & mereka yakin saya akan berhasil memenuhi ekspektasi mereka di Piala Afrika.
Klasemen akhir babak kualifikasi Piala Afrika grup C

- FIFA World Cup 2018 Qualification -
Jadwal & Hasil Pertandingan
Di babak kualifikasi untuk Piala Dunia 2018, Ghana tergabung dengan Angola, Sierra Leone, & Gambia. Menurut data peringkat dunia saat ini, Ghana merupakan negara dengan peringkat FIFA tertinggi di grup ini & Angola adalah saingan terberat di grup ini. Dua pertandingan awal, Ghana berhasil meraih kemenangan dengan mengalahkan Sierra Leone & Gambia. Sementara Ghana berada di puncak klasemen grup B ini.
Klasemen sementara babak kualifikasi Piala Dunia grup B

- Olympic 2016 -
Kekosongan yang terjadi di Manajer Timnas Ghana U23 membuat saya juga menangani Timnas Ghana U23 untuk menghadapi Olimpiade tahun 2016 di Brasil. Tergabung di grup C bersama Uruguay, Saudi Arabia, & tuan rumah Brazil. Jonathan Mensah, Kwadwo Asamoah, & Andre Ayew (over 23) saya panggil untuk melengkapi skuad Timnas Ghana U23.
Diluar dugaan Ghana berhasil menjadi juara grup & memaksa Brazil hanya menduduki peringkat kedua grup C ini. Hasil ini didapat dari dua kali kemenangan yang salah satunya adalah saat melawan tuan rumah Brazil yang bermaterikan Neymar dkk & satu kali seri saat melawan Saudi Arabia di pertandingan pertama.
Di perempat final Ghana harus menghadapi Kamerun & Ghana berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1 & lolos ke babak semi final melawan Argentina yang diperkuat oleh Lionel Messi dkk. Kejutan masih berlanjut saat Ghana juga berhasil menyingkirkan Argentina dengan skor 3-2.
Babak final mempertemukan Ghana dengan tuan rumah Brazil & kejutan Ghana berhenti sampai di sini karena di pertandingan ini Ghana dibantai Brazil dengan tiga gol tanpa balas. Ghana berhasil menyabet medali perak di olimpiade kali ini.
Jadwal & Hasil Pertandingan

- Orange Africa Cup of Nations 2017 -
Untuk menghadapi Piala Afrika tahun depan, Timnas Ghana akan melakukan training camp di Libya tepatnya di Al-Shat Sports Club Tripoli. Perjuangan Ghana di Piala Afrika kali ini cukup berat karena dari hasil undian, Ghana ditempatkan di grup A bersama dengan negara-negara kuat di Afrika, Pantai Gading (Ivory Coast) & Mesir (Egypt) dengan tanpa mengecilkan kehadiran Kongo (Congo) di grup ini.

- Peringkat FIFA per Desember 2016 -
Ghana berada di peringkat ke-20. Sementara itu untuk peringkat pertama ada Inggris.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar