PSS Sleman - Paruh Kedua Divisi Satu Liga Indonesia Musim 2013/2014


- Bursa Transfer -
Untuk bursa transfer kali ini PSS tak begitu aktif karena saya rasa skuad yang dimiliki PSS saat ini sudah cukup mumpuni. Hanya ada satu pembelian di bursa transfer kali yaitu Andi Muhammad (striker) yang saya datangkan dari PSP Padang dengan tanpa biaya alias free transfer. Andi Muhammad akan menjadi back up bagi Yudhi Ramandha di paruh kedua musim ini, tapi tidak menutup kemungkinan jika nanti ia akan menjadi striker utama menggantikan peran dari Yudhi Ramandha.
Tak kunjung mendapatkan tempat utama di PSS membuat Wahyu Gunawan menerima pinangan dari Gresik United (5K pounds) & dia adalah satu-satunya pemain yang keluar dari PSS Sleman di bursa transfer kali ini. 

- Februari -
Paruh kedua musim ini dibuka dengan pertandingan melawan Persijap di ajang Piala Indonesia babak kedua. Kemenangan besar berhasil diraih PSS dengan skor 6-1 di leg pertama & di leg kedua PSS juga berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-0. Dengan ini PSS berhak melaju ke babak ketiga dengan aggregat 7-1. Pertandingan selanjutnya adalah away ke Denpasar & PSS berhasil menang (2-0). Di pertandingan terakhir bulan ini hattrick dari Yudhi Ramandha terasa sia-sia karena PSS hanya bermain imbang dengan Persikab Kab. Bandung.

- Maret -
Di babak ketiga Piala Indonesia PSS harus bertemu dengan juara bertahan Indonesia Super League, Persipura Jayapura. Walaupun akhirnya harus mengakui keunggulan Persipura (agg 0-3), tapi saya puas dengan permainan PSS yang mampu menyulitkan Persipura di dua pertandingan tersebut. Sementara itu dalam lanjutan Divisi Satu, PSS berhasil menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan (vs Persiss Sorong 3-1, vs PSGL Gayo Luwes 3-0, Persiju Sijunjung 2-1). Yudhi Ramandha menjadi bintang di dua pertandingan terakhir dengan mencetak dua gol di masing-masing pertandingan.

- April -
Divisi Satu fase pertama memasuki laga-laga terakhir. PSS kali ini bertemu dengan Medan Jaya (2-0) & PS Muara Bungo (4-0). Di pertandingan terakhir fase pertama ini saat PSS bertemu dengan PS Muara Bungo, Andi Muhammad berhasil mencetak gol pertama & keduanya bersama PSS Sleman. Performa bagus yang ditunjukkan PSS selama bulan April membuat saya & M. Fachrudin mendapatkan predikat sebagai Manager of the Month & Player of the Month.

Penghargaan

Klasemen Akhir Divisi Satu Liga Indonesia 1st Phase Group A Musim 2013/2014
PSS Sleman berhasil memuncaki klasemen akhir Divisi Satu Liga Indonesia 1st Phase Group A dengan mengantongi 56 poin dari 17 menang, 5 imbang, & tanpa sekalipun menderita kekalahan. Dengan ini PSS Sleman bersama PSSA Asahan (runner up) dari grup A berhasil lolos ke 2nd Phase Divisi Satu Liga Indoneisa.

- Divisi Satu Liga Indonesia 2nd Phase Musim 2013/2014 -
Hasil undian 2nd Phase menempatkan PSS Sleman di grup A bersama Persitara Jakarta Utara, Persid Jember, & Persemalra Tual. Aturan di 2nd Phase ini adalah tiap tim akan bertanding satu sama lain dalam sistem setengah kompetisi. Peringkat 1-3 akan otomatis lolos ke Divisi Utama musim depan & Juara grup A akan bertemu dengan Juara grup B untuk memperebutkan gelar juara Divisi Satu.

Di pertandingan pertama fase kedua ini PSS berhasil membantai Persemalra dengan skor 4-1 di Tual. Dua pertandingan selanjutnya PSS mendapat keuntungan karena bermain di Sleman. PSS berhasil mengalahkan Persitara dengan skor 3-1 & Persid dengan skor 2-0.

Klasemen Akhir Divisi Satu Liga Indonesia 2nd Phase Musim 2013/2014
Dengan tiga kemenangan di fase kedua ini PSS berhasil menjadi juara grup A & lolos ke babak final yang akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta.

- Final Divisi Satu Liga Indonesia Musim 2013/2014 -
Hari yang dinanti pun tiba, PSS menantang Persedikab Kediri di babak final Divisi Satu Liga Indonesia Musim 2013/2014. Laga berlangsung dengan ketat & harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Disinilah akhirnya PSS berhasil mencetak gol dari kaki Yudhi Ramandha setelah memanfaatkan kesalahan pemain Persedikab, Sutikno. Yudhi Ramandha kembali berhasil mencetak gol kali lewat sundulan kepala. PSS Sleman menang 2-0 dengan Yudhi Ramandha keluar sebagai Player of the Match di pertandingan final ini.

Pengukuhan Juara

Review Akhir Musim -
PSS Sleman - Best Eleven Musim 2013/2014

PSS Sleman – Best Player
M. Fachrudin
Dialah penggerak tim musim ini. Dengan 14 gol, 21 assist, & 13 kali menjadi Player of the Match. Statistik ini sudah bisa membuktikan betapa pentingnya M. Fachrudin bagi PSS Sleman musim ini.

Yudhi Ramandha
Top Skor PSS Sleman musim ini dengan 17 gol. Sempat melempem di paruh pertama musim ini dengan hanya mencetak 6 gol akhirnya dia bangkit di paruh musim kedua dengan 11 golnya. Dia juga menjadi penentu di laga final dengan dua golnya saat berhadapan dengan Persedikab Kediri.

PSS Sleman Fans’ Player of the Year
M. Fachrudin

Indonesian First Division Player of the Year
M. Fachrudin

Indonesian First Division Team of the Year
M. Fachrudin & Warsidi Ardi

Perpanjangan Kontrak
Manajemen PSS Sleman akhirnya memberi saya perpanjangan kontrak 7 hari sebelum kontrak lama berakhir. Tentu saya merasa senang dengan perpanjangan kontrak kali ini & akan bersama PSS Sleman minimal satu tahun lagi.

Saya puas dengan hasil yang saya capai bersama PSS Sleman musim ini, tapi tantangan akan semakin berat karena PSS musim depan akan bermain di Divisi Utama Liga Indonesia. Peningkatan kualitas dari permainan PSS Sleman tentunya harus saya lakukan jika tidak ingin menjadi penghuni Divisi Utama dalam jangka waktu yang lama karena saya ingin langsung membawa PSS Sleman ke kasta tertinggi sepakbola Indonesia yaitu Liga Super Indonesia.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar