PSS Sleman - Paruh Kedua Divisi Utama Liga Indonesia Musim 2014/2015



- Bursa Transfer -
Harry Saputra menjadi satu-satunya pemain yang saya rekrut di bursa transfer kali ini. Dia akan menjadi back up bagi Warsidi Ardi & Waluyo yang semakin melemah. Saya gagal menemukan striker yang tepat untuk menjadi pengganti Yudhi Ramandha yang dilanda cedera. Akhirnya saya mempromosikan dua pemain PSS Sleman U21, Hardiansah Umar & Gede Yukey, untuk memperkuat lini serang PSS di paruh kedua musim ini.


Moniaga Bagus Suwardi terpaksa saya lepas dengan status bebas transfer karena tidak memberikan kontribusi apapun  paruh pertama musim ini & hanya membebani beban gaji klub.


- Februari -
Paruh kedua musim ini diawali dengan kemenangan saat bertanding melawan PSIR Rembang di Stadion Maguwoharjo. Harry Saputra yang baru saya rekrut di awal paruh kedua ini langsung mencetak gol di laga perdananya bersama PSS saat melawan Pro Duta FC dimana PSS memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 3-0.  Kekalahan kedua musim ini diberikan oleh Persibo & lagi-lagi di kandang PSS sendiri. Di pertandingan melawan Mojokerto Putra sang youngster, Hardiansah Umar, menyelematkan PSS dari kekalahan dua kali berturut-turut. Di akhir bulan PSS bertemu dengan PSIM di Derby Yogyakarta & PSS berhasil membantai PSIM dengan skor 6-1.


- Maret -
Kabar yang hampir bersamaan datang menghapiri PSS dimana Juan Revi & Andi Muhammad mengalami cedera. Juan Revi akan absen selama 6 – 7 minggu sementara Andi Muhammad akan absen selama 3 bulan & saya memutuskan untuk memanggil pulang Andi Muhammad dari peminjamannya di Persipro Probolinggo.


PSS di bulan ini berhasil meraih 13 poin dari 15 poin maksimal yang bisa didapat. Dua poin yang hilang adalah saat PSS melawan PSCS Cilacap dimana laga berakhir dengan hasil imbang (2-2) sementara kemenangan diraih saat melawan PSM Makasar (2-1), Persiku Kudus (5-0), Persepar Palangkaraya (3-2), & PSSA Asahan (3-1).


Hasil imbang saat melawan PSCS sudah cukup untuk membawa PSS lolos ke Divisi Utama 2nd Phase. Dengan empat kemenangan & satu imbang yang diraih PSS berhasil mengantarkan saya meraih peringkat kedua Manager of the Month.


Penghargaan

- April -
Kondisi keuangan PSS benar-benar mengkhawatirkan. Saat ini keuangan PSS sedang minus 741 ribu pounds & dengan tidak adanya pemasukan yang berarti mengakibatkan kondisi ini semakin buruk di setiap waktu. PSS harus mencari tambahan dana dengan cara apapun atau hal buruk akan terjadi pada klub dimana PSS akan masuk dalam administration untuk menyelamatkan eksistensi klub di masa yang akan datang.


Di bulan ini PSS berhasil mengontrak beberapa pemain muda hasil seleksi yang dilakukan oleh klub. Dari banyak nama yang dikontrak ada satu nama yang bisa dikatakan lumayan, pemain itu adalah Gatot Javier.


1st Phase Divisi Utama Liga Indonesia Musim 2014/2015 tinggal menyisakan tiga laga & PSS berhasil menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan. Lawan-lawan yang berhasil dikalahkan PSS di bulan ini adalah Bontang FC, PSBI Blitar, & Persiwan Wamena. Di akhir bulan saya mendapat predikat sebagai peringkat kedua Manager of the Month & dengan 5 gol dari 4 pertandingan (1 pertandingan di 2nd Phase) membawa Abdul Rahman Lestaluhu meraih predikat sebagai peringkat kedua Young Player of the Month.


Penghargaan

Klasemen Akhir Divisi Utama Liga Indonesia 1st Phase Group B Musim 2014/2015
PSS Sleman berhasil memuncaki klasemen dengan 78 poin hasil dari 25 menang, 3 imbang, & 2 kalah. PSS juga sangat produktif dengan memasukkan 84 gol & kemasukkan 25 gol. Selisih yang cukup jauh dengan peringkat kedua, Persiwa Wamena, yang meraih 58 poin. PSS Sleman & Persiwa Wamena akan lolos ke 2nd Phase.


- Divisi Utama Liga Indonesia 2nd Phase Musim 2014/2015
PSS Sleman akan bergabung dengan Persekam Metro Malang & PSMS Medan di grup B. Sistem yang digunakan dalam Divisi Utama 2nd Phase adalah Home Tournament & setengah kompetisi dimana PSS Sleman diberi kehormatan untuk menjadi tuan rumah grup B. Peringkat pertama akan otomatis lolos ke Indonesia Super League musim depan & akan maju ke babak final dengan melawan peringkat pertama grup lainnya.


Di pertandingan pertama PSS langsung tancap gas dengan mengalahkan Persekam Metro Malang dengan skor 5-2. Di pertandingan ini Abdul Rahman Lestaluhu mencetak hattrick. Laga sengit tersaji di pertandingan penentuan saat melawan PSMS Medan. PSS hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak final sekaligus promosi musim depan & akhirnya PSS berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.


Kemenangan saat melawan PSMS memastikan PSS memuncaki klasemen grup B & promosi ke Indonesia Super League musim depan. Saya mendapat banyak ucapan selamat terutama dari para suporter & manajemen.

Klasemen Akhir Divisi Utama Liga Indonesia 2nd Phase Musim 2014/2015

- Final Divisi Utama Liga Indonesia Musim 2014/2015 -
Di babak final kali ini PSS akan menhadapi Persiwa Wamena. Baru 2 menit berjalan & gawang PSS sudah harus jebol berkat sundulan dari Mijo Dadic. Setelah gol cepat itu terjadi permainan seakan-akan telah menjadi milik Persiwa sepenuhnya. Di menit ke 18 & 20 gawang PSS kembali bergetar berkat gol yang diciptakan oleh Adi Wirahadi. Harapan muncul berkat gol yang dicetak Arthur Irawan di akhir babak pertama, tapi lagi-lagi Adi Wirahadi mencetak gol yang merupakan gol ketiganya di pertandingan final ini. Skor akhir 4-1 untuk kemenangan Persiwa Wamena. Saya pun gagal membawa PSS menjadi kampiun di divisi utama kali ini.


- Berita Akhir Musim -
Persikab Kab. Bandung offer job interview
Di akhir musim saya mendapat tawaran wawancara dari Persikab Kab. Bandung untuk menjadi manajer baru mereka, tapi saya menolaknya karena masih ingin bersama PSS lebih lama lagi.


PSS restructure debt
Akhirnya PSS bisa keluar sementara dari krisis keuangan karena mendapat fasilitas kredit. PSS mendapat pinjaman uang sebesar 750 ribu pounds dari kreditur.


Planned training facilities work
Permintaan saya kepada manajemen untuk meningkatkan fasilitas latihan akhirnya dikabulkan. Biaya yang dikeluarkan untuk peningkatan fasilitas ini sebesar 130 ribu pounds. Pekerjaan akan dimulai pada 20 Juli 2015 & selesai pada 29 September 2015.

Perpanjangan Kontrak
Kesepakatan telah terjadi antara saya & sang chairman, Sri Purnomo, bahwa saya akan tetap menangani PSS Sleman di Indonesia Super League musim depan. Saya mendapat kenaikan gaji dari 200 pounds per minggu menjadi 250 pounds per minggu.

- Review Akhir Musim -
 PSS Sleman - Best Eleven Musim 2014/2015

PSS Sleman - Best Player
M. Fachrudin
Dialah pemain terbaik PSS musim ini menurut saya. M. Fachrudin mencetak 16 gol & 21 assist. Performa yang luar biasa konsisten walaupun usianya tak muda lagi.


Abdul Rahman Lestaluhu
Bukan pilihan utama di awal musim & mendapat 'keberuntungan' dengan cederanya Yudhi Ramandha. Performanya tidak mengecewakan saya karena berhasil mencetak 19 gol dari 22 pertandingan yang dia mainkan bersama PSS musim ini. Dia adalah top skor PSS musim ini.


PSS Sleman Fans' Player of the Year
M. Fachrudin

Indonesian Premier Division Manager of the Year (2nd Place)


Indonesian Premier Division Player of the Year
M. Fachrudin


Indonesian Premier Division Team of the Year
Arthur Irawan, Harry Saputra, Charles Uchenna, Steven Hendambo, & M. Fachrudin


Indonesia Premier Division Goal of the Year
Yudhi Ramandha
(PSS vs PSIS, 12 October 2014)


Record High for PSS Sleman

5 Besar Top Skor & Assist PSS Sleman Musim 2014/2015

"Karena nila setitik, rusak susu sebelanga" mungkin itu peribahasa yang tepat untuk menggambarkan performa PSS musim ini. Hasil yang luar biasa di 1st Phase & 2nd Phase tak berbekas begitu saja saat PSS kalah di pertandingan final. Benar-benar musim yang anti klimaks bagi PSS. Musim depan PSS akan bermain di Indonesia Super League & saya tak sabar untuk menanti atmosfer pertandingan dari kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar