PSS Sleman - Paruh Kedua Indonesia Super League Musim 2015/2016


- Bursa Transfer -
Guna menutupi kekosongan yang ditinggalkan Rohit Chand yang cedera, saya memutuskan untuk mendatangkan Saiful Lewinusa & Sugeng yang bisa beroperasi sebagai wing back kiri. Sedangkan Achmad Jufriyanto didatangkan untuk menggantikan posisi Waluyo yang memutuskan hijrah ke Persiwa Wamena. Pemain tambahan lainnya untuk paruh kedua kali ini adalah Tomi Triono, seorang wing back kanan.


Waluyo yang musim ini lebih banyak berkutat dengan cedera sejak awal musim & gagal mendapat tempat utama lagi setelah sembuh dari cedera akhirnya memutuskan untuk menerima pinangan Persiwa Wamena.


- Februari -
Paruh kedua musim ini diawali dengan laga di ajang Piala Indonesia dimana PSS bertemu dengan Persebo Bondowoso & PSS dengan mulus melenggang ke babak selanjutnya dengan aggregat 4-2. Di lanjutan ISL PSS harus menerima kekalahan dari Persipura di Jayapura dengan skor akhir 2-3. Kekalahan yang menyakitkan karena gol kemenangan Persipura yang dicetak oleh Boaz di menit terakhir perpanjangan waktu babak kedua. Di lima laga sisa ISL bulan ini PSS berhasil meraih tiga kemenangan & dua imbang. Performa yang luar biasa ditunjukkan oleh M. Fachrudin. Setelah performa yang loyo di paruh pertama lalu dia langsung tancap gas dengan 5 golnya di bulan ini & mengantarkannya meraih predikat Player of the Month. Selain itu golnya saat melawan Perseman Manokwari juga mendapatkan penghargaan sebagai Goal of the Month.


Penghargaan

- Maret -
Di lanjutan Piala Indonesia Babak Ketiga mempertemukan PSS dengan Semen Padang. Di leg pertama PSS harus mengakui keunggulan Semen Padang dengan skor 1-3. Hal ini membuat PSS harus bekerja ekstra keras di leg kedua. Di leg kedua PSS berhasil meraih kemenangan, tapi sayang PSS hanya berhasil menang dengan skor 2-1 & gagal melaju ke babak selanjutnya karena kalah secara aggregat. Di lanjutan ISL PSS berhasil meraih angka maksimal dengan memenangkan dua pertandingan yang ada. Gol yang diciptakan legiun asing PSS, Mohd Khairul Izuan Rosli, saat melawan Persela Lamongan didaulat sebagai Goal of the Month.


Indonesia berhasil meraih juara di AFC Challenge Cup dengan mengalahkan musuh bebuyutan, Malaysia, dengan skor 3-0. Prestasi yang membanggakan walaupun hanya di ajang sekelas AFC Challenge Cup.


Penghargaan

- April -
Hampir semua pertandingan di bulan ini mempertemukan PSS dengan tim papan atas ISL musim ini. Hanya Persebaya yang berada di zona degradasi. PSS berhasil meraih empat kemenangan & satu kalah saat melawan Gresik United. Permainan Abdul Rahman Lestaluhu mencapai puncak di bulan ini. Dia mencetak enam gol dari lima pertandingan & menciptakan hattrick hanya dalam kurun waktu 16 menit saat melawan Persib Bandung.


Pertandingan melawan Persiba Balikpapan adalah pertandingan ke-100 saya bersama PSS Sleman.


- Mei -
Bisa dibilang bulan ini adalah bulan penentuan juara ISL musim ini karena di akhir bulan PSS harus bertemu dengan kandidat kuat juara ISL, Arema & Persipura. Di pertandingan awal PSS berhasil meraih dua kemenangan & satu kekalahan. PSS hancur lebur saat melawan Arema & Persipura. Kalah di dua pertandingan tersebut membuat PSS turun ke peringkat kedua dibawah Persipura & butuh keajaiban untuk keluar sebagai juara.


- Juni -
Saat ini poin yang didapat PSS & Persipura adalah sama, tapi Persipura memiliki selisih gol yang lebih baik. Sehingga syarat untuk menjuarai ISL musim ini adalah PSS harus menang di pertandingan terakhir & Persipura kalah atau imbang. Sedangkan jika PSS imbang, Persipura harus kalah.


Keajaiban pun terjadi saat Persipura dikalahkan Persela Lamongan di Jayapura dengan skor 3-4. Sedangkan PSS bermain imbang dengan Persiwa Wamena. PSS berhasil menjadi juara ISL musim ini.


- Klasemen Akhir Indonesia Super League Musim 2015/2016 -
PSS memuncaki klasemen dengan 67 poin, hasil dari 20x menang, 7x imbang, & 7x kalah. Selisih 1 poin dengan Arema & Persipura yang berada di peringkat kedua & ketiga. Dengan ini PSS berhasil keluar sebagai juara Indonesia Super League Musim 2015/2016.


CHAMPIONE

- Berita Akhir Musim -
Perpanjangan Kontrak
Keberhasilan saya langsung diapresiasi oleh manajemen dengan menyodorkan kontrak baru. Tanpa pikir panjang saya langsung menyetujui kontrak tersebut. Dengan kontrak baru ini saya akan berada di PSS sampai tahun 2018.


PSS release player & staff
Di akhir musim ini PSS melepas beberapa pemain & pelatih karena kontrak habis. Pemain tersebut adalah Harry Saputra, Catur Mardiantoro, Rohit Chand, Anang Hadi, Aditya Putra Dewa, Syaiful Indra Cahya, & Cristian Rotinsulu. Untuk jajaran pelatih ada Budiman Buswir, Syaiful Amri Harahap, H. M. Markus, Syamsuadi, Albert Mangantar, & Akhmad Fauzie.


- Review Akhir Musim -
PSS Sleman - Best Eleven Musim 2015/2016

PSS Sleman - Best Player
Abdul Rahman Lestaluhu
Pencetak gol utama PSS Sleman musim ini menggantikan peran Yudhi Ramandha yang kemampuannya sudah termakan usia. PSS musim ini sangat bergantung padanya dalam urusan mencetak gol. Tanpa ragu saya menyatakan bahwa dialah pemain terpenting PSS Sleman musim ini.


M. Fachrudin
Walau performanya sudah mulai menurun, tapi dia tetaplah seorang M. Fachrudin yang bisa mengubah sebuah pertandingan dengan umpan-umpannya yang mematikan. Dia adalah pembuat assist terbanyak di PSS & bahkan di ISL musim ini. Dia juga menjadi pencetak gol terbanyak kedua PSS setelah Abdul Rahman Lestaluhu.


PSS Sleman Fans' Player of the Year
M. Fachrudin

Indonesian Super League Manager of the Year

 Indonesian Super League Player of the Year (2nd Place)

Indonesian Super League Team of the Year
Arthur Irawan & M. Fachrudin

Indonesian Super League Goal of the Year
Juan Revi Auriqto - 2nd Place
M. Fachrudin - 3rd Place

Top 5 Goalscorer

Top 5 Assist

Dengan ini berakhirlah Indonesia Super League Musim 2015/2016 dimana PSS Sleman berhasil menjadi juara. Mempertahankan lebih sulit daripada mengejar, saya tahu betul arti dari kalimat tersebut. Ini berarti PSS harus lebih kerja keras lagi untuk musim depan. Saya harus mempersiapkan skuad yang lebih baik lagi dari musim ini karena selain berjuang untuk mempertahankan gelar juara di ISL, musim depan PSS akan bertanding juga di AFC Cup & saya menargetkan PSS untuk bisa menjadi juara di Piala Indonesia. Di akhir musim ini saya berhasil menyodok ke peringkat lima Hall of Fame Indonesia. Perjalanan masih panjang...


Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar