PSS Sleman - Paruh Kedua Indonesia Super League Musim 2016/2017


- Bursa Transfer -
Tak banyak yang bisa lakukan di setiap bursa transfer tengah musim karena dana untuk belanja pemain hampir selalu kosong di setiap musim. Saya hanya mendatangkan seorang pemain, Joan Oumari. Dia adalah seorang bek asal Lebanon yang saya datangkan untuk menggantikan posisi Afiq Yunos yang lebih banyak berada di meja perawatan daripada di lapangan.


- Februari -
Tiga laga awal di paruh kedua ini tidak berjalan mulus. PSS hanya berhasil meraih satu kali hasil imbang saat melawan Persidago Gorontalo di Piala Indonesia Babak Kedua Leg 1 dimana PSS akhirnya lolos ke babak selanjutnya setelah menang 4-1 di Leg 2 (agg 4-1). Undian AFC Cup menempatkan PSS Sleman di grup E bersama Dempo (India), Kanbawza (Myanmar), & Binh Duong (Vietnam). Laga pertama dilalui oleh PSS dengan melumat Dempo dengan skor 5-0, tapi di pertandingan kedua & ketiga PSS gagal meraih kemenangan. Satu-satunya kemenangan PSS di ISL justru diraih saat melawan tim tangguh asal Malang, Arema (3-2).


- Maret -
Undian Piala Indonesia Babak Ketiga mempertemukan PSS dengan Arema. Di leg 1 PSS berhasil mencuri kemenangan di kandang Arema dengan skor 1-0. Kemenangan tersebut seolah sia-sia karena di leg 2 yang justru dihelat di Sleman, PSS takluk dengan skor 0-2 & tersingkir dari Piala Indonesia musim ini. Di bulan ini ada empat pertandingan ISL. PSS berhasil meraih tiga kemenangan & satu kali kalah saat melawan PSPS Pekanbaru. Untuk penghargaan di bulan ini saya mendapatkan peringkat kedua Manager of the Month & Firmansyah Priyatna mendapatkan peringkat kedua Young Player of the Month.


Penghargaan

- April -
PSS memasuki bulan yang sangat padat dimana ada sembilan pertandingan dalam sebulan. Dalam lanjutan AFC Cup Group E PSS berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah memuncaki klasemen grup E dengan 11 poin. Hasil tersebut diraih setelah di bulan ini PSS berhasil mengalahkan Dempo (2-1), imbang dengan Kanbawza (1-1), & mengalahkan Binh Duong (1-0).


Sedangkan dalam lanjutan ISL PSS juga tak terkalahkan di bulan ini dengan meraih empat kemenangan & dua hasil imbang. Performa yang cukup bagus ditampilkan oleh PSS di bulan ini terutama Ilija Spasojevic. Dedek Rangkuti yang sehari sebelum pertandingan melawan Persiba Balikpapan saya permanenkan statusnya sebagi pemain PSS (pinjaman dari Pro Duta FC) langsung memberi kontribusi dengan golnya. Di akhir bulan saya mendapat penghargaan sebagai peringlat ketiga Manager of the Month.


Penghargaan

- Mei -
PSS harus bertemu dengan Persija Jakarta sebanyak tiga kali dalam bulan ini karena undian yang tidak menguntungkan Indonesia di AFC Cup Round 2 harus mempertemukan kedua wakilnya, PSS Sleman & Persija Jakarta. Di Leg 1 PSS harus mengakui keunggulan Persija (2-3), tapi di leg 2 PSS berhasil mengalahkan Persija dengan skor 4-2 (agg 6-5) & dengan ini PSS akan lolos ke babak perempatfinal yang akan diselenggarakan pada bulan September tahun ini. Setelah performa yang cukup stabil di bulan April lalu, PSS kembali diterpa virus inkosistensi. Pertandingan yang seharusnya bisa dimenangkan dengan mudah PSS justru menderita kekalahan seperti saat melawan Persija Jakarta & Pelita Bandung Raya. PSS di bulan ini berhasil meraih tiga kemenangan, dua hasil imbang (salah satunya saat melawan Persipura Jayapura), & dua kekalahan. Di akhir bulan Sriwijaya FC telah memastikan keluar sebagai juara ISL musim ini.


- Juni -
Setelah juara ISL musim ini sudah dipastikan jatuh ke tangan Sriwijaya FC, PSS fokus untuk mengejar posisi runner up, tapi usaha PSS tersebut gagal setelah di pertandingan terakhir hanya bermain imbang melawan Persiba Balikpapan (lihat klasemen). Sebelumnya PSS berhasil mengalahkan Barito Putra Banjarmasin dengan skor 2-1.


Klasemen Akhir Indonesia Super League Musim 2016/2017
Posisi terakhir PSS Sleman di musim ini adalah peringkat ketiga dibawah Sriwijaya FC & Persipura Jayapura. PSS meraih 65 poin sama dengan Persipura, tapi PSS kalah dalam jumlah selisih gol.


Rapor Pemain PSS Sleman Musim 2016/2017

Indonesian Super League 2016/2017 Awards
Young player of the Year
Abdul Rahman Lestaluhu

Team of the Year
Syaffarizal Agri

- Berita Akhir Musim -
Junior Coaching Budget Increased

PSS announce two new Sponsorship deals

- Review Akhir Musim -
Harus diakui ISL musim ini jauh lebih ketat dari musim sebelumnya. Hal ini bisa dilihat di klasemen akhir. Jarak poin antar klub tidak terlalu jomplang. Virus bernama inkosistensi harus segera saya musnahkan dari PSS Sleman jika masih ingin berada di papan atas ISL musim depan. Selain itu saya juga harus mempersiapkan skuad PSS untuk menghadapi perempatfinal AFC Cup. Saya masih punya waktu satu tahun bersama PSS Sleman & saya mulai berpikir untuk mengembangkan karir kepelatihan saya di luar negeri.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar