PSS Sleman - Paruh Pertama Indonesia Super League Musim 2015/2016


- Minimum Expectations -

Untuk musim ini saya diberikan target oleh manajemen untuk membawa PSS Sleman berada di papan tengah Indonesia Super League. Untuk memenuhi target tersebut saya hanya diberi dana untuk gaji saja yaitu sebesar 17,44 ribu pounds.


Bursa Transfer -
Di akhir musim lalu saya kehilangan banyak pemain sehingga di bursa transfer kali ini saya harus mencari pemain baru terutama yang berposisi sebagai bek. Dari sebelas pemain baru yang saya datangkan, enam diantaranya adalah seorang bek, baik itu bek tengah atau bek sayap. Enam pemain itu adalah Syaiful Indra Cahya, Cristian Rotinsulu, Rohit Chand (Nepal), Noh Rahman (Singapura), Nurul Mauludi, & Barkah Cristian. Sisanya adalah Mohd Khairul Izuan Rosli (gelandang bertahan, Malaysia), Aditya Putra Dewa (gelandang serang), Andik Rahmad (gelandang bertahan), Francis Carr (gelandang, Liberia), & Catur Mardiantoro (penyerang). Sebelumnya di akhir musim kemarin saya berhasil mempermanenkan status Abdul Rahman Lestaluhu. Untuk pemain yang keluar kali ini mayoritas adalah pemain muda yang saya pinjamkan ke klub lain untuk mendapatkan jam terbang yang lebih banyak. Berikut adalah daftar bursa transfer yang lengkap.



Profil Pemain Baru


- Skuad PSS Sleman Musim 2015/2016 -

- Pre Season -
Di pre season kali ini saya sengaja membuat program uji coba selama kurang lebih dua bulan supaya pemain benar-benar siap ketika menghadapi pertandingan resmi yaitu Indonesia Super League. Total PSS menjalani 15 pertandingan uji coba dimana 14 pertandingan berhasil dimenangkan PSS & 1 pertandingan berakhir imbang. Abdul Rahman Lestaluhu menjadi top skor di pre season kali dengan 9 gol. Saya puas dengan hasil pre season kali ini.


- November -
Petualangan saya bersama PSS di ISL musim ini langsung dibuka dengan derby Yogyakarta saat melawan Persiba Bantul di Bantul. Laga berakhir dengan skor 5-2 untuk kemenangan PSS. Laga kandang pertama justru berakhir imbang saat melawan Perseru Serui & bahkan hampir kalah andai saja Yudhi Ramandha tidak mencetak gol di menit terakhir perpanjangan waktu.


- Desember -
Di bulan ini pertandingan mulai padat. PSS harus bermain satu kali dalam kurun waktu tiga hari. Dari tujuh pertandingan yang ada PSS berhasil meraih lima kemenangan, satu imbang, & satu kekalahan. Abdul Rahman Lestaluhu menjadi bintang di bulan ini dengan 6 golnya. Hal ini juga mengangtarkannya meraih predikat Young Player of the Month sebagai peringkat kedua. Saya juga meraih Manager of the Month sebagai peringkat kedua. Gol yang dicetak Juan Revi saat melawan Persepam Madura United terpilih menjadi Goal of the Month.


 Penghargaan

- Januari -
Di awal bulan saya dikejutkan oleh perpanjangan kontrak 1 tahun yang diberikan oleh manajemen. Saya mendapat kenaikan gaji sebesar 300%.



Hasil undian Piala Indonesia 1st Rnd mempertemukan PSS dengan Persipal Palu. PSS lolos ke babak selanjutnya dengan aggregat 6-3. Di pertengahan bulan ini laju PSS agak tersendat karena hanya meraih dua hasil imbang & satu kekalahan secara berurutan, tapi setelah pertandingan yang sulit itu PSS berhasil meraih kemenangan lagi saat melawan Persiwa Wamena. Kemenangan yang sangat emosional karena tidak hanya lepas dari hasil buruk, tapi juga karena Persiwa adalah tim yang mengalahkan PSS di final divisi utama musim lalu.



Kabar buruk diterima PSS setelah pertandingan melawan Persepam. Rohit Chand harus absen selama 3-4 bulan karena cedera hamstring. Di akhir bulan Arthur Irawan mendapat penghargaan sebagai Young Player of the Month sebagai peringkat kedua.



Penghargaan

Klasemen Sementara Indonesia Super League Musim 2015/2016
Sampai akhir Januari ini PSS berada di peringkat kedua dengan 31 poin hasil dari 9 menang, 4 imbang, & 2 kalah. Selisih 1 poin dari sang pemuncak klasemen Arema dengan 32 poin dari 14 pertandingan. Jumlah pertandingan yang telah diselesaikan klub-klub ISL tidaklah sama, hal ini mengakibatkan kurang akuratnya posisi sebuah klub di tabel klasemen. PSS adalah satu-satunya tim yang telah menyelesaikan 15 pertandingan.


- Review Paruh Pertama Indonesia Super League Musim 2015/2016 -
Hasil yang benar-benar fantastis menurut saya karena PSS sementara ini berada di papan atas klasemen ISL. Cederanya Rohit Chand membuat wing back kiri saat ini dalam kondisi kritis karena hanya menyisakan Syaiful Indra Cahya. Hal ini membuat saya harus mencari seorang wing back baru untuk paruh kedua musim ini. Saya juga menyoroti performa M. Fachrudin yang jauh dari biasanya entah karena level pertandingan yang semakin meningkat atau memang terjadi penurunan performa karena usia yang sudah tak muda lagi.


 Abdul Rahman Lestaluhu menjadi pemain tersubur di paruh pertama kali ini dengan 9 gol diikuti oleh Arthur Irawan & Yudhi Ramandha dengan 4 gol.


Walaupun performanya tidak cukup memuaskan saya M. Fachrudin tetap menjadi pemain yang paling sering mengirimkan umpan berujung gol yaitu sebanyak 5 assist. Di posisi kedua ada Aditya Putra Dewa, Francis Carr, & Rohit Chand dengan 4 assist.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar