Defensor Sporting - Torneo Apertura Primera Division de Uruguay 2019/2020


- Minimum Expectations -
Untuk musim ini manajemen mengharuskan saya untuk membawa Defensor keluar sebagai juara liga, baik di apertura/opening maupun clausura/closing.


Sedangkan media memprediksikan Defensor hanya akan berada di posisi ketiga pada akhir musim nanti.


- Bursa Transfer -
Susahnya mencari gelandang tengah bertipe box to box di Uruguay membuat saya harus mengubah formasi dari 5-1DM-2-1-1 ke 4-2DM-3-1. Untuk mengakomodasi formasi tersebut saya mendatangkan Gabriel Costa yang berposisi sebagai AMR. Selain itu, saya juga berhasil mendatangkan beberapa pemain dari parent club Defensor dengan status pinjaman. Pemain tersebut adalah Christian Fernandez (Penyerang, Boca Juniors), Fabio Marinelli (Gelandang Bertahan, River Plate), & Gaston Cardoso (Gelandang Serang, Velez). Ketiga pemain tersebut berkewarganegaraan Argentina.


Di awal musim ini saya kehilangan tiga pemain yang pindah ke klub lain maupun habis kontrak. Ketiga pemain tersebut adalah Jose Ramos (Monterrey, £500K), Juan Ignacio Marcarie, & Michael Cordero yang habis kontrak. Selain itu saya juga meminjamkan beberapa pemain muda untuk mendapatkan kesempatan bermain & didalamnya termasuk sang supersub musim lalu, Jaime Baez, yang saya pinjamkan ke Godoy Cruz (Argentina).


- Pre Season -
Di pre season kali ini, Defensor akan menjalani empat laga uji coba & satu pertandingan testimonial untuk Robert Hererra yang sudah bermain untuk Defensor sejak musim 2006/2007. Semua laga berhasil dimenangkan oleh Defensor.


- Agustus -
Pertandingan musim ini diawali dengan melawan Miramar Misiones. Belum terbiasanya para pemain Defensor dengan formasi baru mengakibatkan Defensor hanya berhasil menang tipis dengan skor 1-0. Di laga kedua Defensor juga berhasil mengalahkan Rampla Juniors (3-0).


- September -
Di bulan ini Defensor berhasil membantai tim-tim yang diprediksi akan terdegradasi di akhir musim ini. Tim tersebut adalah Deportivo Maldonado (8-1), Rocha FC (10-0), & Cerrito (8-0). Kemenangan Defensor lainnya diraih saat menjamu Juventud de Las Piedras (3-1).


- Oktober -
Bulan ini diawali dengan pertandingan melawan sang rival, Nacional, yang berakhir dengan hasil imbang 1-1. Di dua pertandingan selanjutnya saat melawan Central Espanol & Cerro, Defensor berhasil menang dengan skor yang identik, 3-0.


- November -
Defensor berhasil menyapu bersih pertandingan di bulan ini dengan kemenangan. Termasuk kemenangan melawan sang rival, Danubio (2-1). Kemenangan lainnya diraih saat melawan Racing de Montevideo, Liverpool (URU), & Wanderers.


- Desember -
Bulan ini adalah penentuan apakah Defensor mampu mempertahankan posisi di puncak klasemen & menjadi juara Torneo Apertura atau tidak. Meskipun di dua laga terakhir Defensor dihadapkan dengan lawan yang cukup tangguh, Penarol & River Plate (URU), tapi Defensor mampu mengalahkan kedua tim tersebut & berhasil menjadi juara Torneo Apertura.



Klasemen Akhir Torneo Apertura Primera Division de Uruguay 2019/2020
Defensor menjadi juara Torneo Apertura dengan mengantongi 43 poin dari 14 kemenangan, 1 imbang, & tanpa menderita kekalahan. Mencetak 58 gol & hanya kemasukan 6 gol.


Grafik Posisi Defensor Sporting (Torneo Apertura)

Rapor Pemain Defensor Sporting (Torneo Apertura)
Menurut saya pemain terbaik Defensor di Torneo Apertura musim ini adalah Welton Felipe dengan average rating 7,91. Dia tidak hanya berhasil menjaga pertahanan Defensor yang cuma kebobolan 6 gol, tapi juga berhasil mencetak 7 gol & 2 kali menjadi Player of the Match. Top skor diraih oleh Carlos Nunez (11 gol) & top assist diraih oleh Gaston Anon (12 assist).


- Review Torneo Apertura -
Saya sangat puas dengan performa Defensor di Torneo Apertura musim ini. Perubahan taktik yang saya lakukan di awal musim terbukti cukup bagus untuk tim. Hal ini bisa dilihat dari persebaran pencetak gol yang lebih merata dari musim sebelumnya.


Di antara bulan November & Desember, saya kebanjiran tawaran job interview dari beberapa klub. Total ada 12 klub yang menawarkan job interview kepada saya. Hal ini tentu bagus karena kemampuan managerial saya semakin diakui, tapi saya memutuskan untuk tetap berada di Defensor Sporting karena belum memberikan gelar apapun kepada klub ini.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar