Defensor Sporting - Torneo Apertura Primera Division de Uruguay 2020/2021


- Minimum Expectations -
Manajemen memberikan target yang sama dengan musim lalu yaitu menjuarai torneo apertura & torneo clausura. Dengan kata lain saya harus membawa Defensor mempertahankan gelar liga uruguay yang berhasil diraih Defensor musim lalu.


Untuk pertama kalinya media memprediksikan Defensor Sporting akan menjuarai liga uruguay musim ini.


- Bursa Transfer -
Di akhir musim lalu saya memutuskan untuk memperpanjang durasi peminjaman Gaston Cardoso dari Velez sampai akhir musim ini. Selain Gaston, masih ada Fabio Marinelli yang saya pinjam lagi dari River Plate. Sebenarnya saya juga berusaha untuk meminjam kembali Christian Fernandez dari Boca Juniors, tapi usaha saya gagal karena Boca tidak berniat meminjamkan Christian lagi.


Pemain yang benar-benar baru didatangkan Defensor musim ini adalah Diego Zaballa. Posisi natural-nya adalah AMR, tapi dia bisa juga bermain sebagai AML, AMC, & Penyerang.


Pemain kedua yang berhasil saya datangkan adalah Juan Bankowski. Pemain pinjaman asal River Plate ini berposisi sebagai bek sayap kanan & kiri. Dia saya datangkan karena Hernan Petrik memutuskan untuk pergi ke Godoy Cruz.
Selain Hernan Petrik yang hengkang ke Argentina, masih ada Dario Repetto yang pindah ke Club Atletico Union, Sebastian Canobra yang dipinjam Gimnasia (LP), & Carlos Nunez, top skor Defensor musim lalu, yang pindah ke Brazil untuk bergabung dengan Nautico. Selain itu banyak pemain muda yang saya pinjamkan ke klub lain untuk mendapatkan jam terbang. Di bursa transfer kali ini Defensor mendapatkan pemasukan bersih sebesar £900K.


- Pre Season -
Dua pertandingan pertama di pre season kali ini, Defensor harus pergi ke Argentina untuk melawan Dep. Moron & Sp. Italiano (ARG). Kedua pertandingan tersebut berhasil dimenangkan oleh Defensor. Sedangkan untuk dua pertandingan terakhir Defensor harus bertandang ke El Tanque Sisley (4-1) & bertandang ke salah satu feeder club, Nacional de Castillos (5-0).


- Agustus -
Berita menggembirakan di awal musim ini. Defensor akan berlaga di Copa Sudamericana tahun depan.


Pertandingan pertama di Primera Division de Uruguay Opening Stage 2020/2021 mempertemukan Defensor dengan sang rival, Wanderers. Laga tersebut berhasil dimenangkan oleh Defensor dengan skor tipis, 1-0. Di dua laga selanjutnya, Defensor berhasil mengalahkan Juventud de Las Piedras & Cerrito.


- September -
Kabar yang tidak menyenangkan menghampiri skuad Defensor. Adrian Diaz yang merupakan pilihan pertama di posisi fullback kanan harus absen selama 9 – 10 bulan akibat cedera yang ia dapat saat latihan menjelang pertandingan melawan Progreso. Untuk mengisi kedalaman skuad, Jorge Pastorini akan saya promosikan ke tim utama.


Dari pertandingan yang dijalani di bulan ini, Defensor berhasil meraih dua kemenangan saat melawan Progreso & Central Espanol. Sedangkan satu pertandingan lainnya, melawan Cerro, berakhir dengan hasil imbang 0-0.


- Oktober -
Di bulan ini, Defensor harus menjalai tiga pertandingan yang berat. Defensor harus bertanding melawan Penarol, River Plate (URU), & Danubio. Defensor berhasil meraih kemenangan saat melawan Penarol & Danubio, tapi harus kalah saat melawan River Plate (URU) dengan skor 1-2 dimana semua gol yang tercipta di pertandingan tersebut dihasilkan dari tendangan penalti.


- November -
Pertandingan melawan Liverpool (URU) merupakan pertandingan ke-300 saya selama karir saya sebagai football manager.


Defensor berhasil meraih hasil sempurna di bulan ini. Defensor meraih empat kemenangan dari empat pertandingan yang tersedia di bulan ini.


- Desember -
Kemenangan saat melawan Rampla Juniors memastikan Defensor berhasil menjuarai Primera Division de Uruguay Opening Stage musim ini.


Walaupun sudah memastikan gelar juara di torneo apertura, Defensor masih tetap bermain serius dengan mengalahkan Nacional dengan skor 3-1 di kandang lawan.


Klasemen Akhir Torneo Apertura Primera Division de Uruguay 2020/2021
Defensor berhasil menjadi juara di torneo apertura musim ini dengan mengemas 40 angka dari 13 kemenangan, 1 imbang, & 1 kalah. Penarol berada di peringkat kedua dengan 33 angka & Nacional di peringkat ketiga dengan 29 angka.


Rapor Pemain Defensor Sporting (Torneo Apertura)
Claudio Suarez yang di dua musim belakangan ini saya pinjamkan ke Wanderers berhasil menjadi tulang punggung pertahanan Defensor musim ini. Selain tangguh, dia juga berhasil mencetak 7 gol & 2 assists. Gabriel Costa menjadi pemain tersubur dalam hal mencetak gol dengan 9 gol & Gaston Anon menjadi top assist dengan 7 assists. Jaime Baez yang menjadi penyerang utama Defensor musim ini kurang menunjukkan ketajamnnya dengan “hanya” mencetak 7 gol.


- Review Torneo Apertura -
Untuk musim ini banyak pemain muda hasil didikan Defensor yang masuk skuad utama. Pemain tersebut adalah Jorge Pastorini, Claudio Suarez, Victor Alfonso, Dario Guichon, Walter Manzi, & Juan Antonio Fernandez. Hal ini tentu bagus untuk masa depan klub ini sendiri. Claudio Suarez adalah pemain paling bersinar diantara pemain akademi tersebut. Jaime Baez yang kurang tajam di paruh pertama kali ini menjadi hal yang patut saya perbaiki di paruh kedua musim ini karena Defensor akan berlaga di Copa Sudamericana & Copa Libertadores. Selain itu cederanya beberapa pemain kunci juga bisa menghambat perjalanan Defensor musim ini. Tercatat ada 5 pemain yang masih mengalami cedera di akhir torneo apertura.


Seperti musim sebelumnya, saya juga mendapat tawaran interview dari beberapa klub. Klub tersebut adalah Academica (Portugal), Go Ahead Eagles (Belanda), K Lierse SK (Belgia), & Palermo (Italia). Hanya tawaran dari Palermo yang membuat saya menyetujui tawaran tersebut & menjalani wawancara dengan manajemen Palermo, tapi saya lagi-lagi gagal mendapatkan posisi manajer di Palermo setelah kalah bersaing dengan Dario Marcolin.


Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar