PSS Sleman - Paruh Kedua Indonesia Super League Musim 2017/2018


- Bursa Transfer -
Rachmad Ajends Ariansyah saya datangkan dari Persipura dengan free transfer. Rachmad akan menjadi back up bersama Jajang Sukmara & Chandra Lukmana bagi M. Junda Irawan, Firmansyah Priyatna, & Joan Oumari yang sering dipanggil timnas negaranya masing-masing.


Selain itu saya memutuskan untuk meminjamkan beberapa pemain PSS U21 ke klub lain untuk mendapatkan menit bermain di tim utama yang lebih banyak.


- Februari -
Setelah melalui negosiasi yang cukup panjang, akhirnya Sri Purnomo merelakan posisinya sebagai pemilik PSS Sleman setelah dia menerima proposal pembelian dari Enrico Preziosi yang berasal dari Italia. Jadi, mulai bulan ini PSS Sleman akan dipimpin oleh Enrico Preziosi.


Paruh kedua musim ini diawali dengan pertandingan melawan Cilegon FC di Piala Indonesia Babak Kedua leg 1 yang berakhir dengan skor 3-4 untuk kemenangan Cilegon FC. Selanjutnya PSS berhasil meraih tiga kemenangan & satu kekalahan dari Persib Bandung di ISL. Sementara itu di Piala Indonesia Babak Kedua leg 2, PSS berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0. Hasil yang cukup untuk mengantarkan PSS lolos ke babak selanjutnya berkat agresivitas gol tandang (agg 4-4). Performa menawan dari Firmansyah Priyatna di bulan ini mengantarkannya meraih predikat sebagai Young Player of the Month & peringkat ketiga Player of the Month.


Penghargaan

- Maret -
Di Piala Indonesia Babak Ketiga, PSS bertemu dengan PS Bangka. PSS berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah mengantongi dua kemenangan tipis masing-masing 1-0 di setiap leg (agg 2-0). Sedangkan di ISL, PSS berhasil meraih hasil maksimal setelah menang di tiga laga yang ada. Salah satu kemenangan PSS adalah saat melawan Persipura di Jayapura dengan skor 4-1. Semua penghargaan yang ada di bulan ini berhasil diborong oleh para punggawa PSS. Dimulai dari Manager of the Month, Player of the Month (1st: Abdul Rahman Lestaluhu & 2nd: Arthur Irawan), & Young Player the Month (Firmansyah Priyatna).


Penghargaan

- April -
Performa menawan dari PSS masih berlanjut di bulan ini. Semua pertandingan yang ada berhasil dimenangkan oleh PSS termasuk dua pertandingan Piala Indonesia Babak Keempat melawan Persipasi. Hal ini semakin mendekatkan PSS untuk meraih gelar juara ISL musim ini. PSS juga masih berpeluang meraih gelar di Piala Indonesia setelah mampu lolos ke perempat final.


- Mei -
Meskipun memenangkan dua pertandingan awal bulan ini, tapi setelah itu PSS gagal memenangkan empat pertandingan berikutnya. Namun PSS masih tetap lolos ke babak semi final Piala Indonesia setelah menyingkirkan Barito Putra di babak perempat final (agg 3-2). Di babak semi final leg 1 yang juga diselenggarakan di bulan ini, PSS berhasil menahan imbang 1-1 Persib Bandung di kandang lawan.


- Juni -
PSS langsung tancap gas di pertandingan pertama bulan ini dengan mencukur sang juara bertahan, Sriwijaya FC, dengan skor 8-1. Di pertandingan ini Abdul Rahman Lestaluhu menciptakan quintrick alias mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Setelah itu PSS berhasil mengalahkan Persib di semi final Piala Indonesia leg 2 dengan skor 2-0 & berhak lolos ke final (agg 3-1). Kemenangan saat melawan Semen Padang sudah memastikan PSS menjadi juara ISL musim ini.


PSS akhirnya meraih double winner setelah berhasil mengalahkan Gresik United dengan skor 3-1 di final Piala Indonesia musim ini.


Penghargaan

Klasemen Akhir Indonesia Super League Musim 2017/2018
PSS Sleman keluar sebagai juara ISL musim ini dengan mengantongi 90 poin hasil dari 29x menang, 3x imbang, & 2x kalah. PSS unggul jauh dari peringkat kedua, Arema, yang “hanya” mengumpulkan 78 poin.


Rapor Pemain PSS Sleman Musim 2017/2018

Indonesian Super League & Indonesian Cup 2017/2018 Awards
Manager of the Year
Putra Martvianda Sanusi

Player of the Year
Abdul Rahman Lestaluhu (1st) & Arthur Irawan (2nd)

Young Player of the Year
Firmansyah Priyatna (2nd)

Indonesian Super League Top Goalscorrer
Abdul Rahman Lestaluhu (38 goals)

Team of the Year
Shahar Ginanjar, Syaffarizal Agri, & Abdul Rahman Lestaluhu

Indonesian Cup Most Valuable Player
Ilija Spasojevic

Indonesian Cup Top Goalscorrer
Ilija Spasojevic (13 goals)

- Review Akhir Musim -
Musim ini adalah musim terbaik saya bersama PSS Sleman. PSS Sleman berhasil meraih juara AFC Cup 2016/2017, Indonesia Super League 2017/2018, & Piala Indonesia 2018. Prestasi juga berhasil diraih oleh PSS Sleman U21 yang berhasil menjadi juara ISL U21 & finalis Piala Indonesia U21. Nama-nama pemain PSS Sleman pun menghiasi daftar penghargaan tahunan musim ini. Musim yang sangat luar biasa tentunya.


Di akhir musim ini saya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bersama PSS Sleman & memilih mundur dari jabatan manajer PSS Sleman yang sudah saya emban beberapa tahun ini. Alasan utama saya mengundurkan diri adalah ingin mengembangkan karir di luar negeri. Klub manakah yang akan saya latih berikutnya?

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar