Empoli & Timnas Jepang - Paruh Kedua Musim 2023/2024


- Bursa Transfer -
Di bursa transfer musim dingin kali ini saya mendatangkan tiga pemain dengan harga yang cukup murah. Andile Jali saya datangkan dari Steau dengan harga £325K, Predrag Stimac dari Dinamo dengan harga £64K, & yang terakhir adalah Armando Sousa dari Maritimo B dengan harga £8,25K. Nama terakhir langsung saya pinjamkan ke Novara untuk mendapatkan waktu bermain.


Alex Moro yang gagal mendapatkan tempat di tim utama setelah kedatangan Marcin Wilusz akhirnya menerima tawaran bermain untuk Catania dengan harga £1,3M. Selain Alex Moro, semua pemain yang keluar dari klub adalah berupa pinjaman ke klub lain.


- Januari -
Empoli mengawali paruh kedua kali ini dengan baik karena berhasil mengalahkan Milan & lolos ke babak perempat final Piala Italia meskipun di babak perempat final harus mengakui keunggulan Napoli. Total di bulan ini untuk ajang Serie A Empoli berhasil meraih tiga kemenangan & dua kekalahan.


- Februari -
Periode buruk kembali menghampiri Empoli yang hanya dapat meraih satu kemenangan di bulan ini saat melawan Parma. Di Serie A, Empoli harus menerima kekalahan di tiga pertandingan selanjutnya. Perjalanan Empoli di Europa League juga harus terhenti setelah disingkirkan oleh Sporting CP dengan aggregat 3-4.


- Maret -
Periode buruk Empoli masih berlanjut di bulan ini. Meskipun sudah sedikit meningkat dengan meraih dua kemenangan di bulan ini dari yang hanya meraih satu kemenangan di bulan Februari kemarin. Kemenangan tersebut diraih saat melawan Bologna & Cesena. Sedangkan kekalahan diderita saat melawan Inter, Udinese, & Cagliari.


- April -
Performa Empoli tak kunjung membaik di bulan April ini. Dari empat pertandingan yang dijalani Empoli bulan ini, hanya satu kemenangan yang berhasil diraih saat membantai Roma dengan skor 4-0. Tiga pertandingan lainnya berakhir dengan dua hasil imbang & satu kali kalah.


- Mei -
Penurunan ranking fasilitas klub yang diakibatkan oleh kemanjuan teknologi membuat saya langsung meminta ke manajemen untuk meningkatkan youth facilitiestraining facilities. Kedua permintaan tersebut disetujui oleh manajemen & kedua proyek tersebut akan dimulai pada tanggal 20 Juli 2024 dengan total biaya sebesar £7,6M.


Serie A tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi dimana Empoli akan berhadapan dengan Sampdoria, Milan, & Chievo. Empoli hanya meraih satu kemenangan saat melawan Sampdoria & kalah saat melawan Milan & Chievo. Semua pertandingan berakhir dengan skor 1-0.


Klasemen Akhir Serie A 2023/2024
Di akhir musim Empoli berada di posisi ke-10 dengan mengemas 54 poin dari 16 kali menang, 6 kali imbang, & 16 kali kalah. Dengan ini Empoli gagal lolos ke kompetisi eropa musim depan.


Rapor Pemain Empoli
Menurut saya, pemain terbaik Empoli musim ini adalah Mirko Livaja karena mampu menampilkan performa yang konsisten sepanjang musim ini. Dia berhasil mengemas 9 gol & 9 assists. Marcin Wilusz yang saya datangkan di bulan Desember juga bermain dengan baik. Sedangkan untuk top skor Empoli musim ini diraih oleh Billy Maisano dengan 18 gol & Mattia Zaccagni menjadi pemain yang paling banyak menyumbang assist dengan 11 assists.


- Review Akhir Musim -

Di akhir musim sebenarnya saya sudah pasrah jika dipecat oleh manajemen Empoli, tapi ternyata saya masih diberi kepercayaan untuk menukangi Empoli musim depan. Meskipun gagal meraih target dari manajemen di Serie A, tapi secara keseluruhan manajemen puas dengan performa Empoli di musim ini. Hal ini tidak lepas dari pencapaian Empoli yang mampu menembus First Knockout Round Europa League & babak perempat final TIM Cup.


Selain itu fans juga senang dengan pembelian Marcin Wilusz di pertengahan musim ini & dengan performa Mirko Livaja di musim ini. Saya harus bekerja lebih keras untuk musim depan supaya Empoli bisa berlaga kembali di kompetisi eropa.

JAPAN NATIONAL TEAM
Timnas Jepang berhasil mengalahkan Turkmenistan di pertandingan terakhir grup 4 babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di babak final, Timnas Jepang tergabung di grup B bersama China, Iraq, Arab Saudi, & Oman yang akan dimulai pada bulan Juni 2024. Di tiga pertandingan awal, Timnas Jepang berhasil mengalahkan China, kalah dengan Iraq, & imbang dengan Oman. Kekalahan saat melawan Iraq adalah kekalahan pertama saya selama menangangi Timnas Jepang. Dengan ini Timnas Jepang berada di posisi ketiga klasemen sementara grup B. Di bulan Maret, Timnas Jepang menjalani pertandingan persahabatan melawan Chile & berakhir dengan hasil imbang.


Klasemen Akhir FIFA World Cup AFC Qualifying Section (Third Round Group 4)

Klasemen Sementara FIFA World Cup AFC Qualifying Section (Final Stage Group B)

Eredivisie – Keeper van het jaar
Kazuo Sugita yang bermain untuk FC Twente mendapatkan penghargaan sebagai kiper terbaik di liga Belanda musim 2023/2024.


World Ranking -
Di ranking dunia per-Juni 2024, Timnas Jepang berada pada posisi ke-14.


Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar