Empoli & Timnas Jepang - Paruh Pertama Musim 2025/2026


- September -
Di awal bulan ini, Empoli berhasil menjalin kerja sama dengan Kalmar FF. Klub asal Swedia ini akan menjadi feeder club bagi Empoli.


Performa Empoli di bulan ini sangat memuaskan dimana Empoli berhasil menyapu bersih semua laga di Serie A dengan kemenangan. Sedangkan di Liga Champion, Empoli juga berhasil memenangkan pertandingan pertama saat melawan FC Twente. Di pertandingan kedua, Empoli ditahan imbang Leverkusen di kandang sendiri.


- Oktober -
Badai cedera menerpa Empoli. Ada empat pemain inti yang harus menepi ke ruang perawatan. Empat pemain tersebut adalah Ivo, Sergio Salazar, Billy Maisano, & Valon Idrizi.


Empoli berhasil meraih dua kemenangan, satu hasil imbang, & satu kekalahan saat melawan Juventus di Serie A. Empoli juga bertarung dengan sangat ketat dengan Real Madrid di lanjutan Liga Champion dimana pada akhirnya Empoli harus kalah dengan skor 3-4. Di pertandingan inilah Billy Maisano & Valon Idrizi mengalami cedera. Empoli juga mengadakan pertandingan uji coba dengan Barcelona (0-4).


- November -
Angelo yang menggantikan posisi Billy Maisano yang cedera, kurang bisa memberikan dampak yang positif bagi tim. Empoli mulai susah mencetak gol & bahkan menciptakan shoot on goal pun susah. Hasilnya di bulan ini Empoli hanya meraih satu kemenangan di Serie A saat membantai Napoli (4-0). Di dua pertandingan Liga Champion, Empoli gagal meraih kemenangan setelah dikalahkan Real Madrid (0-2) & ditahan imbang FC Twente (1-1).


- Desember -
Kemenangan saat melawan Milan membawa angin segar bagi Empoli yang saat ini sangat susah untuk menang. Empoli bisa saja lolos ke babak 16 besar Liga Champion asal berhasil menang saat melawan Leverkusen & FC Twente kalah saat melawan Real Madrid karena Empoli menang head to head dengan FC Twente. Akhirnya FC Twente kalah saat melawan Real Madrid, tapi sayangnya Empoli juga kalah saat melawan Leverkusen. Hal ini membuat Empoli berada di posisi juru kunci Grup H.


Di akhir bulan saya mengadakan pertandingan uji coba melawan tim lokal dengan tujuan Empoli bisa menang dengan mudah & menaikkan moral tim yang sedang kurang bagus.


- Januari -
Kedatangan Santiago Acevedo & Jamison Suarez langsung memberikan dampak positif bagi Empoli. Di pertandingan perdananya, kedua pemain tersebut berhasil mencetak gol & membawa Empoli mengalahkan Reggina (5-1). Performa Empoli di bulan ini cukup memuaskan dengan hanya sekali menderita kekalahan saat melawan Udinese. Empoli juga berhasil lolos ke babak semi final TIM Cup setelah berhasil mengalahkan Varese (1st Round) & Roma (perempat final).


- Bursa Transfer -
Transfer IN
Cederanya Billy Maisano & performa Angelo yang kurang memuaskan, membuat saya mendatangkan beberapa penyerang baru. Bahkan semua pemain yang saya datangkan di bursa transfer kali ini adalah semuanya berposisi sebagai penyerang. Pemain tersebut adalah Jamison Suarez (River Plate, £2,5M), Santiago Acevedo (Alaves, £7,5M), Angelo Barni (Kashima Antlers, £1,3M), & yang terakhir adalah pemain yang masih berusia 17 tahun, Israel Arguijuelas (Mallorca, £700K).


Transfer OUT
Billy Maisano yang mulai pulih ternyata kemampuannya menurun drastis & akhirnya saya memutuskan untuk menjualnya ke Genoa dengan harga £4,3M. Selain Billy, Brunello Donati juga memutuskan hijrah ke Prancis untuk bermain bersama Monaco. Pemain yang masih berusia 19 tahun ini pindah dengan harga sebesar £3,5M.


- Klasemen Sementara Serie A 2025/2026 -
Empoli untuk saat ini berada di posisi ketiga di bawah Napoli & Juventus. Empoli meraih 47 poin dari 15 kali menang, 2 kali imbang, & 6 kali kalah. Napoli berada di puncak klasemen dengan 54 poin, poin yang sama didapatkan oleh Juventus dengan masih menyimpan satu pertandingan.


Rapor Pemain Empoli
Jamison Suarez yang baru didatangkan di awal Januari ini sudah berhasil mengemas 6 gol & 3 assists dari 6 pertandingan yang dia jalani. Takuma Chino menjadi top skor dengan 13 gol & Burak Kartal menjadi top assists dengan 17 assists. Sedangkan untuk pemain terbaik Empoli sampai saat ini adalah Gilberto Barbosa. Playmaker asal Portugal ini mencetak 9 gol, 6 assists, & memiliki average rating 7,43.


- Review Paruh Pertama -
Sampai di akhir bulan Januari ini, Empoli masih berada di jalur yang benar dengan berada di posisi ketiga yang merupakan batas akhir posisi yang mendapatkan jatah kualifikasi Liga Champion karena jatah dari Liga Italia mulai musim ini berkurang menjadi tiga klub saja. Cederanya beberapa pemain kunci di bulan Oktober cukup membuat Empoli kelimpungan di periode November & Desember, tapi Empoli masih dapat mempertahankan posisi klub di papan atas Serie A musim ini.

JAPAN NATIONAL TEAM
Timnas Jepang berhasil meraih kemenangan di enam pertandingan yang dilakoni Timnas Jepang di periode September – November. Termasuk saat membantai Bangladesh dengan skor 7-1.


Kemenangan saat melawan China sudah memastikan Timnas Jepang akan mendapat satu tempat di Piala Asia 2027 nanti.


Di awal bulan Desember telah dilaksanakan pengundian grup Piala Dunia 2026 yang akan dilaksanakan di Maroko. Timnas Jepang tergabung di grup H bersama Kroasia, Mesir, & Spanyol.



Klasemen Sementara Asian Cup Qualifiers Group C

All-Star XI 2025
Kei Sugano, Yoshiki Hayashi, Takanori Taniguchi, Takuma Chino, Eiji Inoue, & Tadashi Otsuka berhasil menghiasi skuad utama All-Star XI 2025. Sedangkan Futoshi Tokura & Takasi Doi berada di skuad cadangan All Star XI 2025.


- World Ranking -
Timnas Jepang berhasil naik ke peringkat 19 Dunia per Januari 2026.



bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar