Empoli - Paruh Kedua Serie B 2021/2022


- Bursa Transfer -
Di bursa transfer saya yang pertama bersama Empoli kali ini, saya mendatangkan beberapa pemain baik yang akan menghuni tim utama maupun tim junior. Berikut daftar lengkap pemain yang saya datangkan kecuali Enrico Rusca yang sudah sempat hadir di Empoli, tapi harus saya batalkan peminjaman tersebut karena kuota pemain ternyata tidak mencukupi.



Saya mendatangkan Silvio Agrifogli karena di skuad Empoli saat ini hanya ada dua bek yang menurut saya cukup bagus, Alex Moro & Manuele Bruni. Mengandalkan hanya dua bek saja menurut saya tidak cukup sehingga saya mendatangkan Silvio Agrifogli untuk memperdalam skuad. Biaya transfer untuk pemain yang satu ini adalah £2,5M dari Varese.


Sedangkan untuk Boris Mangaiapane saya datangkan karena memang tidak ada bek sayap kiri murni yang ada di skuad Empoli. Manajemen harus merogoh kocek yang cukup dalam yaitu sebesar £2,6M untuk mendatangkan pemain dari Atalanta ini.


Empat pemain lainnya yang saya datangkan adalah Bozidar Kostic, Domenico Roberto, Federico Lorenzin, & Valon Idrizi. Nama pertama langsung saya pinjamkan ke Virtus Entella untuk mendapatkan jam terbang, sedangkan Domenico & Federico saya datangkan untuk back up bagi Mattia Zaccagni, & Valon Idrizi akan mengisi skuad Empoli U19.


Selain Bozidar Kostic yang saya pinjamkan ke klub lain di bursa transfer kali ini, ada enam pemain lainnya yang saya pinjamkan. Pemain tersebut adalah Walter Perniconi (Chieti), Giuseppe Benelli, Giovanni Battista Marconi (Volyn), Pietro Aquaro (Benevento), Federico Gava (Poggibonsi), & Adriano Pancotto (Bari).

- Desember - Januari -
Sejak hari pertama kedatangan saya di Empoli, saya langsung meminta peningkatan di beberapa aspek. Meskipun yang disetujui hanya dua, Junior Coaching & Training Facilities, tapi saya sangat puas dengan apa yang ditunjukkan oleh manajemen klub.


Pertandingan debut saya bersama Empoli adalah saat melawan Nocerina yang berkesudahan dengan skor 2-0 untuk kemenangan Empoli. Debut yang manis tentunya. Sedangkan untuk dua pertandingan selanjutnya Empoli meraih satu kemenangan saat melawan Brescia & satu kekalahan saat melawan Lecce.


- Februari -
Empoli harus menderita kekalahan lagi di awal bulan ini. Kekalahan ini lebih terasa menyakitkan karena kalah di kandang sendiri & kalah dengan tim rival, Siena. Empoli kemudian bangkit di pertandingan berikutnya dengan mengalahkan Reggina & sempat imbang saat melawan Padova kemudian berhasil menang lagi saat melawan Spezia.


- Maret -
Di bulan ini performa Empoli jauh lebih stabil dari bulan-bulan sebelumnya. Empoli berhasil mengantongi empat kemenangan & hanya satu kali kalah saat melawan Parma. Kemenangan besar juga berhasil diraih Empoli saat mengalahkan Como dengan skor 7-1.


- April -
Sebelum laga melawan Verona dihelat, berita buruk didapat Empoli saat sang kiper utama harus menepi karena cedera pinggul saat menjalani latihan. Timothy Nocchi akan istirahat selama 2 – 3 bulan.


Meskipun tanpa kiper utama, Empoli di bulan ini berhasil menyapu bersih semua laga dengan kemenangan. Termasuk kemenangan saat melawan sang peringkat kedua saat ini, Livorno.


Kemenangan saat melawan Bari di akhir bulan ini sudah cukup untuk memastikan Empoli promosi ke Serie A musim depan.


- Mei -
Bulan ini adalah bulan terakhir penyelenggaraan Serie B musim 2021/2022. Empoli berhasil meraih tiga kemenangan & dua hasil imbang. Hasil imbang saat melawan Novara sudah cukup untuk membawa Empoli menjadi juara Serie B musim ini karena poin yang dikumpulkan sudah tidak mungkin lagi dikejar oleh tim lain. 


Sedangkan setelah pertandingan melawan Grosseto, saya berhasil mempermanenkan status Fernando Ulivieri menjadi pemain Empoli sepenuhnya setelah membeli separuh kepemilikan dari Roma dengan biaya sebesar £600K.



Di akhir penyelenggarakan Serie B, Empoli mendapatkan hadiah sebesar £2,28M karena berhasil menjadi juara Serie B musim ini.



Klasemen Akhir Serie B 2021/2022
Saat saya datang Empoli sedang tertinggal dari Livorno dengan jarak 3 angka, tapi di akhir musim Empoli berhasil menjadi juara dengan mengemas 92 angka & terpaut 19 angka dari Livorno yang berada di peringkat kedua.


Rapor Pemain Empoli
Pemain terbaik Empoli musim ini menurut saya adalah Mattia Zaccagni. Meskipun baru melatihnya selama setengah musim, tapi saya yakin dialah pemain terbaik & pemain kunci bagi Empoli. Dengan mencetak 16 gol & 16 assists dari 42 pertandingan, dia menjadi top skor klub sekaligus top assist bagi Empoli di musim ini. Untuk rapor pemain selengkapnya bisa dilihat di gambar berikut.


Serie B 2021/2022 Awards
Miglior Calciotore Assoluto Serie B
Mattia Zaccagni

Miglior Calciotore Assoluto
Gismondo Moretti


Squadra dell’Anno
Mattia Zaccagni & Alex Moro


- Review Akhir Musim -

Setengah musim bersama Empoli yang luar biasa menurut saya. Saya harus berterima kasih kepada manajer Empoli sebelumnya, Stafano Pioli, karena telah mewariskan skuad yang bagus untuk saya. Target dari manajemen yang menargetkan Empoli menjadi juara Serie B musim ini & promosi ke Serie A musim depan semuanya tercapai. Para fans juga senang dengan pembelian saya musim ini, terutama untuk Boris Mangiapane & fans juga senang dengan performa dari Martino Saponaro yang sebelumnya sangat jarang dimainkan oleh Stefano Pioli. Saya tidak sabar untuk segera mencicipi kompetisi yang lebih ketat lagi musim depan yaitu Serie A.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar