FM 2012 to FM2013 [MIGRASI]


Akhirnya Football Manager 2013 versi bajakan bisa dimainkan juga setelah menunggu sekian lama dan bukan skydrow seperti biasa, tapi kali ini dari proper cry, terima kasih banyak proper cry, kalian berhak mendapatkan Nobel dari para pecinta football manager haha.
Banyak perubahan di FM 2013 kali ini, walaupun dari dulu sudah tahu sih, tapi kali ini benar-benar merasakan sendiri, sebagai manager kita sekarang bisa lebih detail dalam mengurus sebuah klub.
Pada versi sebelumnya kita hanya bisa memainkan career mode, tapi sekarang ada pilihan lain yaitu challenge mode dimana kita dihadapkan dalam beberapa problema dalam sebuah klub, dari yang ada di jurang degradasi sampai banyaknya pemain cedera dalam klub.
Sekarang masuk dalam detail-detail di dalam klub, banyak tambahan staff yang pada awalnya membuat saya pusing, dari Director of Football, Chief Scout, dll, tapi seiring berjalannya waktu saya malah merasa terbantu dengan tambahan-tambahan staff tersebut, saya tidak perlu repot-repot untuk negosiasi dengan pemain yang saya inginkan, biarkan DOF yang bekerja haha. Dalam hal latihan juga banyak mengalami perkembangan kalau menurut saya, kita bisa menjadwal dengan teratur latihan yang akan dilakukan oleh tim, cukup sekali mengatur jadwal latihan di awal bulan atau terserah kita.
Walaupun banyak kelebihan yang ada di versi terbaru ini, menurut saya tetap saja ada kelemahan-kelemahan  yang ada di versi ini terutama dalam match engine, banyak kesalahan-kesalahan mendasar yang dilakukan oleh pemain yang paling sering adalah kiper salah umpan ke pemain lawan, ini real sih, tapi bikin stres juga haha. Di versi kali ini kita juga dituntut untuk menemukan taktik yang pas untuk tim yang kita besut, ini adalah bagian yang paling susah menurut saya, susah sekali menemukan taktik yang pas untuk tim kita entah saya sendiri yang merasakan atau yang lain juga, tapi saya yakin yang lainnya juga merasakan. Setelah kita menemukan taktik yang pas untuk tim kita, kita dituntut untuk selalu meng-update atau memodifikasi taktik kita, karena taktik yang sama akan mudah dikenali lawan dalam jangka panjang.
Itu saja menurut saya tentang Football Manager 2013 ini dan tentunya saya akan membuat story perjalanan saya bersama game ini seperti versi yang sebelumnya.

SALAM FM LOVER

Tidak ada komentar :

Posting Komentar