Persipura Jayapura - Paruh Pertama Musim 2013/2014


- Bursa Transfer -
Persipura's Fans of the Year, Otavio Dutra di awal musim meninggalkan Persipura untuk bergabung dengan anggota klub liga korea selatan, Jeonbuk. Untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan manajemen merekrut pemain berbakat asal Persebaya 1927 dan juga punggawa timnas Indonesia U-21, Saddam Tenang dengan status free transfer. Selain itu ada nama-nama tenar yang berhasil didatangkan manajemen diantaranya adalah Ferdinand Sinaga, Atep, dan Novan Setyo Sasongko yang semuanya didatangkan dengan status free transfer.
- September -
Usaha Persipura untuk merebut gelar Inter Island Cup yang ketiga kali berturut-turut kandas karena gagal lolos ke semifinal setelah hanya menempati peringkat keempat di penyisihan grup C dimana di lima pertandingan Persipura hanya mengumpulkan enam poin dari satu kali menang dari Persiba Balikpapan, tiga kali imbang, dan satu kali kalah melawan Arema FC.
Klasemen akhir grup c Inter Island Cup 2013
fixture lengkap Persipura Jayapura di bulan September

- Oktober -
Piala Super Indonesia akhirnya digelar untuk pertama kalinya, kali ini mempertemukan juara Indonesia Premier League, Persijap Jepara dengan juara Indonesia Super League, Persipura Jayapura, skor akhir 5-2 untuk keunggulan Persipura, Irfan Bachdim keluar sebagai man of the match setelah mencetak dua gol untuk Persipura.

Piala Indonesia dan Indonesia Super League dimulai dengan mempertemukan Persipura dengan Persidafon Dafonsoro (agg 4-0) di Piala Indonesia babak pertama dan PSIM Jogjakarta (2-0) di ISL. Di babak kedua Piala Indonesia, Persipura bertemu dengan PSKT Tomohon dan menang dengan aggregrat 5-0. Semua pertandingan di bulan ini disapu bersih oleh Persipura dengan kemenangan.

Penghargaan di bulan Oktober
Manager of the Month
Player of the Month: Lim Joon-Shik (2nd Place)
Young Player of the Month: Saddam Tenang (2nd Place) & Novan Setya Sasongko (3rd Place)


- November -
Bulan yang relatif cukup santai karena tidak banyak pertandingan, di Piala Indonesia, Persipura berhasil melaju ke babak keempat setelah di babak ketiga mengalahkan PSDS Deli Serdang dengan agregrat 7-4. Semua laga ISL berhasil di sapu bersih dengan kemenangan, rekor kemenangan di ISL masih 100% untuk musim ini.

Penghargaan di bulan November
Manager of the Month
Player of the Month: Raphael Maitimo (3rd Place)
Asian Champion League Top Goalscorer: Irfan Bachdim (2nd Place)


- Desember -
Memasuki akhir tahun 2013, Persipura dihadapkan dengan beberapa big match seperti bertemu dengan Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persiba Balikpapan, dan Bandung Raya. Persib berhasil ditaklukan di kandang mereka dengan skor 2-0, Bandung Raya ditaklukan 3-1, tapi ditahan imbang oleh Persebaya dengan skor 0-0. Kekalahan pertama di ISL musim ini datang dari Persiba Balikpapan dengan skor 2-3. Di leg pertama Piala Indonesia putaran keempat Persipura berhasil ditahan imbang oleh tamunya, Persegres Gresik, dengan skor 1-1.

Penghargaan di bulan Desember
Manager of the Month 2nd Place
Young Player of the Month: Moses Banggo (2nd Place)

- Januari -
Awal tahun diawali dengan manis oleh Persipura, semua laga di bulan Januari disapu bersih dengan kemenangan-kemenangan telak. Persipura juga lolos ke babak kelima Piala Indonesia setelah berhasil mengalahkan Persegres Gresik dengan skor 1-0 (agg 2-1).

Penghargaan di bulan Januari
Manager of the Month
Young Player of the Month: Ricky Akbar Ohorella dan Marko Markus Kabiay (2nd Place)
Player of the Month: Saddam Tenang, Ian Kabes (2nd Place), dan Ferdinand Sinaga (3rd Place)

- Klasemen hingga akhir Januari -
Bertengger di puncak klasemen dengan 43 poin (main 16x, menang 14x, imbang 1x, kalah 1x), selisih 9 poin dari peringkat kedua sekaligus pemberi kekalahan pertama Persipura di ISL musim ini, Persiba Balikpapan.
 - Top Player -
Top Scorer
Lim Joon-Shik - 9 gol dari 12 penampilan
Top Assist
Ian Kabes - 11 assist dari 13 penampilan
Top Rating
Lim Joon-Shik - 7,84

Tidak ada komentar :

Posting Komentar