Defensor Sporting - Torneo Clausura Primera Division de Uruguay 2019/2020


- Bursa Transfer -
Di bursa transfer kali ini, tidak ada pemain baru yang saya datangkan. Sebaliknya ada beberapa pemain yang keluar dari klub baik yang pindah secara permanen atau secara pinjaman ke klub lain. Untuk daftar lengkapnya bisa dilihat digambar. Untuk menggantikan pemain yang hengkang, saya memutuskan untuk mempromosikan pemain dari Defensor U19, Victor Alfonso, yang bisa berposisi sebagai fullback kiri maupun kanan.


- Januari -
Di bulan ini Defensor berhasil menjalin kerja sama dengan Sao Paolo. Sao Paolo akan menjadi parent club bagi Defensor.


Sebelum memasuki pertandingan resmi, Defensor mengadakan uji coba terlebih dahulu dengan melawan Brown (Adrogue) dari Argentina & Los Angeles Galaxy dari Amerika Serikat. Defensor berhasil meraih kemenangan di dua pertandingan tersebut.


- Februari -
Di awal bulan ini Defensor masih menjalani uji coba, tapi kali ini melawan klub lokal, Platense (URU) & Plaza Colonia. Kedua pertandingan tersebut juga berhasil dimenangkan oleh Defensor. Di awal bulan ini juga diadakan pengundian grup Copa Libertadores. Defensor tergabung di grup G bersama Coritiba (Brasil), Deportivo Tachira (Venezuela), & Libertad (Paraguay).


Tiga pertandingan pertama Torneo Clausura berhasil dimenangkan oleh Defensor. Salah satunya adalah kemenangan besar saat melawan Rocha FC. Sementara di pertandingan pertama Copa Libertadores musim ini, Defensor berhasil menahan Coritiba di kandang lawan.


- Maret -
Rodrigo Aguirre yang musim ini gagal memberikan kontribusi yang maksimal bagi Defensor akhirnya meninggalkan klub dan bergabung dengan Sao Caetano (Brasil) dengan biaya transfer sebesar £10K. Posisi Rodrigo akan digantikan oleh pemain Defensor U19 berusia 16 tahun, Juan Antonio Fernandez.


Defensor berhasil menyapu bersih semua pertandingan di bulan ini dengan kemenangan, termasuk di dalamnya kemenangan saat melawan sang rival, Nacional. Selain meraih kemenangan, Defensor juga mencatatkan enam kali clean sheet & hanya kebobolan dua gol di delapan pertandingan tersebut.


- April -
Defensor berhasil memastikan satu tempat di babak kedua Copa Libertadores setelah mengalahkan Libertad dengan skor 5-1.


Kemenangan saat melawan Coritiba menempatkan Defensor sebagai juara grup G Copa Libertadores. Di babak kedua, Defensor akan berhadapan dengan Chivas Guadalajara asal Meksiko.


Setelah mengawali bulan ini dengan beberapa kemenangan. Defensor akhirnya merasakan kekalahan perdana musim ini & kekalahan tersebut ditorehkan oleh Wanderers (2-3). Pengorbanan saya dengan menyimpan beberapa pemain inti saat melawan Wanderers terasa sia-sia karena Defensor juga kalah dari Chivas di leg 1 babak kedua Copa Libertadores.


Tanggal 23 April 2020 diselenggarakan pemilihan Presiden Defensor Sporting. Williams Martinez terpilih menjadi presiden baru menggantikan Marcelo Ramirez.


- Mei -
Defensor berhasil menjuarai Torneo Clausura (Closing Stage) setelah mengalahkan Penarol & River Plate (URU) di dua pertandingan terakhir. Hal ini juga otomatis membuat Defensor menjadi juara Primera Division de Uruguay 2019/2020 karena menjuarai dua stage sekaligus, opening & closing.


Sementara itu perjalanan Defensor di Copa Libertadores lagi-lagi terhenti di babak kedua setelah hanya mampu bermain imbang dengan Chivas di leg kedua (agg 1-3).


Dengan keberhasilan saya meraih gelar juara liga uruguay membuat manajemen menawari saya perpanjangan kontrak sampai Juni 2021. Tawaran tersebut saya terima dengan syarat manajemen harus mau meningkatkan scouting range-nya & manajemen menyetujui syarat tersebut.


- Juni -
Defensor berhasil mendapatkan sponsor baru untuk musim depan. Total nilai sponsor musim depan adalah £400K. Nilai sponsor tersebut meningkat dari yang sebelumnya hanya £292K.


Selain sponsor baru, Defensor juga berhasil mendapatkan parent club baru. Klub tersebut adalah Fenerbahce.


 Klasemen Akhir Torneo Clausura Premier Division de Uruguay 2019/2020

Grafik Posisi Defensor Sporting (Torneo Clausura)

Rapor Pemain Defensor Sporting
Pemain terbaik Defensor musim ini pantas disematkan kepada Welton Felipe. Di musim keduanya bersama Defensor, dia berhasil mencetak 13 gol, mampu membuat pertahanan Defensor menjadi tangguh untuk musim ini, & memiliki average rating tertinggi dengan 7,66. Top Skor klub diraih oleh Carlos Nunez dengan 25 gol & Gaston Anon menjadi Top Assist dengan 14 assists.


- Primera Division de Uruguay 2019/2020 Awards -
Player of the Year
Gabriel Costa

Young Player of the Year
Gaston Cardoso (1st) & Dario Repetto (2nd)

Manager of the Year
Putra Martvianda Sanusi

Team of the Year
Martin Campana, Hernan Petrik, Welton Felipe, Gabriel Costa, Christian Fernandez, Gaston Cardoso, & Carlos Nunez.

Top Goalscorer
Carlos Nunez – 20 gol (2nd) & Gabriel Costa - 17 gol (3rd)

- Review Akhir Musim -
Musim yang baik berhasil dijalani Defensor musim ini, tapi saya masih penasaran dengan Copa Libertadores karena selama saya melatih Defensor, klub ini hanya sanggup melaju sampai babak kedua saja. Di sepanjang Torneo Clausura kali ini saya juga mendapat tawaran wawancara kerja dari 14 klub.


Dari semua tawaran tersebut, hanya satu yang saya terima. Klub itu adalah Bordeaux yang musim ini terdegradasi ke Ligue 2, tapi saya lagi-lagi gagal bersaing dengan kandidat lainnya di wawancara kerja. Saya juga mencoba peruntungan dengan melamar ke Tottenham Hotspur & Fiorentina, tapi keduanya juga gagal.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar