PSS Sleman - Paruh Pertama Indonesia Super League Musim 2016/2017


- Minimum Expectations -
Untuk target musim ini saya tak terlalu muluk-muluk untuk mempertahankan gelar ISL karena musim ini PSS mengikuti 3 kompetisi yang sama pentingnya. Saya rasa untuk musim ini cukup untuk menjadi penantang perebut gelar ISL.


Sementara menurut prediksi media PSS hanya akan menempati peringkat keempat di akhir musim.


- Bursa Transfer -
Untuk mengarungi musim ini saya mendatangkan beberapa pemain. Di barisan pemain bertahan mendatangkan Firmansyah Priyatna, Afiq Yunos (Singapura), & Agung Sukirman. Sedangkan untuk gelandang ada Eka Ramdani, Dedek Rangkuti (pinjaman dari Pro Duta FC), Toni Varela (Cape Verde), & Syaffarizal Agri. Terakhir barisa penyerang ada Jhon Van Beukeuring & Illija Spasojevic.




Sedangkan untuk pemain yang keluar dari klub kebanyakan adalah dengan status pinjaman sedangkan untuk keluar secara permanen hanya ada dua pemain. Pemain tersebut adalah Charles Lestaluhu (Persijap Jepara) & Barkah Cristian (Persik Kediri).


- Skuad PSS Sleman Musim 2016/2017 -

- Pre Season -
PSS mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan Persid Jember yang akan menjadi feeder club bagi PSS.


Pre Season kali ini berjalan lancar. Semua pertandingan yang ada berhasil di babat habis oleh PSS walaupun itu bukan fokus utama saya di setiap pre season karena mengembalikan kebugaran pemain lebih penting.


Di tengah-tengah pertandingan pre season kali ini ada pertandingan yang memperebutkan Piala Super Indonesia yang mempertemukan PSS Sleman (Juara ISL) melawan Persija Jakarta (Juara Piala Indonesia). PSS berhasil keluar menjadi juara setelah membantai Persija dengan skor 6-0.


- Desember -
Di awal musim banyak pemain PSS yang memperkuat timnas sehingga saya mengajukan pengunduran jadwal & diterima oleh operator liga. Akibat dari pengunduran jadwal tersebut PSS baru bermain di bulan Desember. Di dua pertandingan awal PSS harus sudah bertemu dengan Arema (3-3) & Persipura (3-2). Bulan ini cukup sukses karena PSS berhasil meraih tiga kemenangan, tiga hasil imbang, & tanpa terkalahkan. Hal ini mengantarkan saya untuk meraih peringkat ketiga Manager of the Month. Performa luar biasa Abdul Rahman Lestaluhu (12 gol) juga mendapat ganjaran sebagai peringkat kedua Young Player of the Month & peringkat ketiga Player of the Month.


Penghargaan

- Januari -
PSS harus mengawali bulan ini dengan dua kekalahan kandang saat melawan Sriwijaya FC & Gresik United. Di Babak Pertama Piala Indonesia yang merupakan target saya musim ini PSS bertemu dengan Persikoba Kota Batu & tanpa kesulitan PSS berhasil melaju ke babak selanjutnya (agg 4-1). Di empat pertandingan sisa ISL untuk paruh pertama kali ini PSS berhasil meraihnya dengan kemenangan. Lagi-lagi saya harus puas hanya sebagai peringkat ketiga Manager of the Month untuk bulan ini. Sedangkan Abdul Rahman Lestaluhu berhasil meraih predikat sebagai Young Player of the Month.


Penghargaan

Klasemen Sementara Indonesia Super League Musim 2016/2017
Untuk saat ini PSS berada di posisi ketiga dengan 24 poin hasil dari 7x menang, 3x imbang, & 2x kalah. Terpaut 3 poin dari sang pemuncak klasemen Barito Putra yang memilliki dua pertandingan lebih sedikit & 2 poin dari Sriwijaya FC yang berada di peringkat kedua.


Review Paruh Pertama -
Saya merasa ISL musim ini lebih berat daripada musim kemarin. Selain jadwal yang lebih kurang manusiawi, lawan mungkin sudah mulai memperhitungkan PSS Sleman sebagai lawan yang tangguh. Begitu mudahnya gawang PSS bobol di paruh pertama kali ini juga menjadi hal yang perlu dibenahi di paruh kedua nanti & ketergantungan PSS terhadap Abdul Rahman Lestaluhu juga harus sedikit demi sedikit dikurangi. Semoga penampilan PSS konsisten sampai akhir musim.

Bersambung...

Selamat Hari Natal bagi teman-teman yang merayakannya J

Tidak ada komentar :

Posting Komentar