Empoli & Timnas Jepang - Paruh Kedua Serie A 2022/2023


- Bursa Transfer -
Saya hanya mendatangkan dua pemain di bursa transfer kali ini & kedua pemain tersebut adalah pemain muda. Pemain yang pertama adalah Takuma Chino. Pemain asal Jepang yang masih berusia 21 tahun ini saya dapatkan secara gratis dari Albirex karena kontraknya habis. Pemain kedua adalah Frascesco Abruzzese yang didatangkan dari Verona dengan biaya sebesar £2,7M. Takuma berposisi sebagai midfielder/attacking midfielder right & Francesco berposisi sebagai bek tengah. Saya juga menarik kiper yang sedang menjalani masa pinjaman di Volyn, Jacopo Pagnini, karena sang kiper utama, Njabulo Masuku, dipanggil timnas Afrika Selatan untuk mengikuti Piala Afrika.


Sedangkan untuk pemain yang keluar kebanyakan adalah pinjaman ke klub lain. Satu-satunya perpindahan permanen terjadi pada Domenico Roberto yang pindah ke Novara dengan biaya sebesar £500K.


- Januari -
Berkat performa Empoli di paruh pertama yang jauh melebihi target, manajemen menawarkan kepada saya untuk merubah target musim ini. Saya yakin bisa membawa Empoli tampil di kompetisi eropa musim depan, mininal Europa League. Oleh karena itu, dana belanja & dana gaji yang diberikan manajemen menjadi meningkat.


Empoli membuka awal paruh kedua musim ini dengan dua kemenangan saat melawan Pescara & Livorno, tapi sayangnya di pertandingan terakhir bulan ini Empoli harus pulang dengan tangan hampa setelah dikalahkan Fiorentina dengan skor 1-2.


- Februari -
Secara mengejutkan JFA, PSSI-nya Jepang, meminta saya untuk menjadi pelatih Timnas Jepang. Setelah berpikir beberapa saat akhirnya saya menerima tawaran tersebut. Tugas pertama saya adalah membawa Jepang menjadi juara di ajang EAFF East Asian Cup.


Kemenangan besar terjadi di pertandingan ketiga, pemain Empoli tampil sangat bagus & berhasil membantai Juventus dengan skor 5-1, tapi sayang setelah itu Empoli harus dibantai oleh Milan dengan skor 2-6. Kemenangan besar berhasil diraih Empoli lagi setelah mengalahkan Parma dengan skor 6-0.


- Maret -
Empoli mencatatkan hasil positif di bulan ini dengan berhasil meraih kemenangan sebanyak tiga kali & hanya kalah satu kali saat melawan Udinese.


- April -
Empoli berhasil menahan imbang dua tim kuat, Napoli & Roma, di awal bulan ini. Selanjutnya Empoli berhasil meraih dua kemenangan berturut-turut saat melawan Sampdoria & Torino. Empoli hanya menderita satu kekalahan di bulan ini yaitu saat melawan Inter di akhir bulan ini.


Prestasi yang membanggakan berhasil diraih oleh Empoli U19 di ajang Under 19s Cup. Empoli U19 berhasil menjadi juara setelah di final mengalahkan Inter U19 dengan skor 1-0.


- Mei -
Permintaan saya kepada manajemen di bulan ini untuk meningkatkan junior coaching budget & fasilitas latihan dikabulkan oleh manajemen. Junior coaching budget akan mencapai level exceptional. Sedangkan untuk proses pengerjaan peningkatan fasilitas latihan akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2023 s.d. 22 September 2023 & menelan biaya sebesar £4,9M.


Serie A musim ini sudah memasuki babak akhir. Di dua pertandingan terakhir Serie A musim ini, Empoli hanya bermain imbang melawan Chievo & menang saat melawan Bologna.


Klasemen Akhir Serie A 2022/2023
Empoli berada di posisi ke-6 di klasemen akhir dengan mengumpulkan 64 angka dari 19 kemenangan, 7 imbang, & 12 kekalahan. Dengan hasil ini Empoli berhasil lolos ke Europa League musim depan meskipun harus mengawali kompetisi tersebut dari babak kualifikasi.


Posisi ke-6 ini ternyata posisi terbaik yang berhasil diraih Empoli di Serie A selama ini. Sebelumnya posisi terbaik Empoli di Serie A adalah peringkat ke-7.



Rapor Pemain Empoli
Pemain terbaik Empoli untuk musim ini menurut saya adalah Silvio Agrifogli. Dia tampil sebanyak 37 kali di semua kompetisi. Mencetak 5 gol ,1 assist, & memiliki average rating cukup bagus 7,36. Top skor Empoli musim ini adalah seorang gelandang serang, Mirko Livaja, dengan 12 gol. Sedangkan Mattia Zaccagni menjadi top assist Empoli sekaligus di Serie A musim ini dengan 15 assists.


- Serie A 2022/2023 Awards -
Team of the Year
Mattia Zaccagni


Saya hanya berhasil menjadi kandidat dari Serie A Managers’ Manager of the Year yang pada akhirnya dimenangkan oleh Andre Villas-Boas.


- Review Akhir Musim -

Secara keseluruhan penampilan Empoli musim ini sudah cukup bagus, tapi masih banyak celah yang harus diperbaiki karena musim depan Empoli juga akan berkompetisi di ajang Europa League. Fans senang dengan penampilan Mirko Livaja musim ini & juga peminjaman terhadap Michele Morelli.


Empoli disebut sebagai tim dengan pencapaian terbesar musim ini karena berhasil finish di posisi ke-6 atau sepuluh posisi lebih tinggi daripada prediksi awal musim yang hanya menempatkan Empoli di posisi ke-16.

JAPAN NATIONAL TEAM
Sejak resmi menangani Timnas Jepang dari tanggal 5 Februari 2023 sampai bulan Juni 2023, Timnas Jepang melakukan tiga kali uji coba melawan Bahrain, Paraguay, & Peru. Ketiga pertandingan tersebut berhasil dimenangkan oleh Timnas Jepang.


- World Ranking -
Di ranking dunia per-Juni 2023, Timnas Jepang berada pada posisi ke-15.


Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar