Defensor Sporting - Torneo Clausura Primera Division de Uruguay 2020/2021


- Bursa Transfer -
Di bursa transfer kali ini saya memutuskan untuk merekrut beberapa pemain untuk menambah kedalaman skuad & untuk mengantisipasi jika banyak pemain yang cedera. Pemain tersebut adalah David Abraham yang saya pinjam dari Boca Juniors, Ivan Bella yang saya pinjam dari Velez, & Geronimo D’Oliveira yang sebelumnya tidak memiliki klub.


Welton Felipe yang sudah memutuskan untuk gantung sepatu di akhir musim nanti tidak mau memperpanjang kontrak dengan Defensor. Welton Felipe resmi meninggalkan Defensor pada tanggal 31 Desember 2020 saat kontraknya bersama klub habis. Selain itu ada tiga pemain muda yang saya pinjamkan ke klub lain.



Di akhir musim nanti Defensor harus merelakan dua pemain kuncinya, Jaime Baez & Joaquin Verges, ke Nautico & Avai. Sebenarnya saya sudah berusaha menahan kepergian mereka, tapi gaji yang ditawarkan oleh Nautico & Avai jauh diatas gaji yang dapat ditawarkan oleh pihak manajemen klub.


- Januari -
Setelah kembali dari liburan, para pemain Defensor langsung dihadapkan dengan beberapa uji coba. Di laga pertama uji coba, Defensor harus pergi ke Argentina untuk menghadapi Villa San Carlos. Pertandingan tersebut berakhir dengan hasil imbang, 1-1. Di tiga pertandingan uji coba selanjutnya, Defensor berhasil meraih kemenangan. Salah satu kemenangan didapat dari klub asal Romania, Steau Bucharest.


- Februari -
Di awal bulan ini dilakukan drawing babak penyisihan grup Copa Libertadores 2021. Defensor harus menerima kenyataan saat bergabung di grup neraka bersama Internacional (Brasil), Estudiantes LP (Argentina), & Pumas (Meksiko).


Di bulan ini Defensor tampil garang dengan menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan. Secara mengejutkan Defensor mampu mengalahkan Estudiantes (LP) di laga pembuka Copa Libertadores tahun ini.


- Maret -
Meskipun menjadi lawan di Copa Libertadores, tidak menyurutkan niat saya untuk menjalin kerja sama dengan Estudiantes (LP).


Defensor berhasil memenangkan tiga pertandingan liga di bulan ini, tapi hal sebaliknya terjadi di Copa Libertadores. Defensor harus mengakui keunggulan Internacional & Pumas di kandang lawan. Sedangkan saat pertandingan dihelat di kandang sendiri, Defensor hanya bisa menahan imbang Pumas. Peluang untuk lolos ke babak selanjutnya semakin berat.


- April -
Defensor resmi tersingkir dari Copa Libertadores tahun ini setelah harus mengakui keunggulan Internacional di matchday 5. Poin yang dikumpulkan Defensor sudah tidak mungkin lagi dapat mengejar perolehan klub yang berada di posisi kedua. Di pertandingan terakhir babak grup, Defensor berhasil menahan imbang Estudiantes (LP). Defensor menjadi juru kunci di klasemen akhir grup G dengan hanya mengantongi satu kemenangan, dua hasil imbang, & tiga kali menderita kekalahan.



Langkah Defensor di liga justru masih mulus setelah berhasil mengalahkan semua lawannya di bulan ini. Puncaknya adalah kemenangan saat melawan Danubio karena kemenangan tersebut sudah memastikan Defensor menjuarai Primera Division de Uruguay Closing Stage (Torneo Clausura) meskipun masih menyisakan satu pertandingan liga. Di pertandingan tersebut Jaime Baez berhasil mencetak quattrick.


- Mei -
Seperti diberitakan oleh Fox Sports en Espanol, Para pendukung Defensor sangat senang karena Defensor berhasil menjuarai liga uruguay dua kali secara beruntun.


Sebelumnya telah dilaksanakan pertandingan terakhir liga musim ini melawan Rampla Juniors & Defensor berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan cukup telak.


- Juni -
Defensor mendapatkan sponsor baru khusus untuk berlaga di kompetisi kontinental. Nilai sponsor tersebut naik dari sebelumnya £137K menjadi £180K.


Manajemen juga mengumumkan akan mengadakan training camp di Maldonado, Uruguay. Training Camp akan dilaksnakan pada tanggal 17 Juli 2021 – 27 Juli 2021.


Klasemen Akhir Torneo Clausura Primera Division de Uruguay 2020/2021
Defensor menjadi pemuncak klasemen setelah meraih poin sempurna alias berhasil memenangkan semua pertandingan di closing stage, 45 poin. Penarol berada di posisi kedua dengan 34 poin & Nacional berada di posisi ketiga dengan 31 poin.


Rapor Pemain Defensor Sporting
Pemain terbaik Defensor musim ini menurut saya adalah Claudio Suarez. Selain tangguh di lini pertahanan, bek yang masih berusia 19 tahun ini berhasil mencetak 11 gol. Top skor Defensor musim ini adalah Jaime Baez yang akan hengkang musim depan. Jaime berhasil meningkatkan pundi-pundi golnya dari yang hanya 7 gol di akhir torneo apertura menjadi 21 gol di akhir torneo clausura. Sedangkan top assist Defensor musim ini adalah Joaquin Verges yang juga akan hengkang musim depan dengan 13 assists.


Primera Division de Uruguay Awards 2020/2021
Player of the Year
Claudio Suarez (1st), Rodrigo Rojo (2nd), Jaime Baez (3rd)

Young Player of the Year
Claudio Suarez (1st) & Victor Alfonso (3rd)

Manager of the Year
Putra Martvianda Sanusi

Team of the Year
Martin Campana, Claudio Suarez, Rodrigo Rojo, & Jaime Baez

Top Goalscorer
Jaime Baez – 20 gol

- Review Akhir Musim -
Secara keseluruhan saya cukup puas dengan performa Defensor musim ini, apalagi Defensor tak terkalahkan di torneo clausura, tapi yang sangat disayangkan adalah perjalanan Defensor di Copa Libertadores tahun ini hanya sampai di babak penyisihan grup. Sampai akhir musim ini, saya & manajemen klub tak kunjung menemui kata sepakat tentang kontrak baru. Hal ini membuat saya harus bersiap-siap untuk mencari klub baru. Saya juga telah mendapatkan tawaran dari beberapa klub yang berminat menggunakan jasa saya, tapi sampai saat ini belum ada yang menarik minat saya. Seandainya saya masih di Defensor musim depan, saya akan berusaha untuk bisa melaju lebih jauh lagi di Copa Libertadores & Copa Sudamericana.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar