PSS Sleman - Paruh Pertama Indonesia Super League Musim 2017/2018


- Minimum Expectations -
Target musim ini tidak berbeda dengan target musim lalu yaitu menjadi salah satu penantang perebut gelar juara ISL. Saya rasa itu target yang tepat untuk PSS musim ini.


Untuk prediksi media, PSS ditempatkan di posisi ke empat setelah Persipura Jayapura, Barito Putra Banjarmasin, & Arema Malang.


- Bursa Transfer -
Sebelumnya di akhir musim lalu PSS telah berhasil mendapatkan Dedek Rangkuti (Gelandang, Pro Duta FC), Muhammad Purnomo (Penyerang, Sriwijaya FC), & Daison Rongmei (Kiper, Singapura). Dua nama terakhir akan mengisi skuad PSS U21 untuk musim ini.


Total ada delapan pemain yang saya dapat musim ini (diluar tiga pemain diatas). Dua diantaranya adalah pemain asing yang berposisi sebagai gelandang tengah, Kanaan Nakhjavani (Iran), & bek/gelandang bertahan, Guy Ramos (Cape Verde). Selain dua pemain tersebut masih ada Fani Setyo Djatmiko (wing back kanan, PSPS Pekanbaru), Bayu Gatra (gelandang tengah), Mifthakul Priyono (gelandang bertahan), Rizky Handoko (sayap kiri, pinjam dari Barito Putra), Aldi Al Achya (striker), & Siswanto (wing back kiri). Dua nama terakhir langsung saya pinjamkan ke klub lain untuk mendapat waktu bermain yang akan sulit didapat jika tetap berada di PSS. Sementara itu untuk transfer keluar semuanya adalah dengan status pinjaman.






- Pre Season -
Di pre season kali ini PSS menjalani tujuh pertandingan (tiga home, empat away). Seperti biasa lawan yang akan dihadapi adalah tim yang ber-homebase tidak terlalu jauh dari Sleman. Saya puas dengan hasil pre season kali ini karena PSS berhasil menyapu bersih tujuh pertandingan tersebut.


- September -
Pertandingan pertama musim ini adalah perempat final AFC Cup yang mempertemukan PSS dengan klub asal Lebanon, Safa. Di leg 1 kedua tim bermain imbang 2-2. Sedangkan di leg 2 PSS berhasil membantai Safa dengan skor 4-1 (agg 6-3). PSS lolos ke semi final & akan menghadapi Kuwait SC. Di bulan ini juga diselenggarakan pertandingan uji coba melawan Persid Jember (3-2).


- Oktober -
Di leg 1 semi final AFC Cup PSS harus menerima kekalahan yang cukup telak dari Kuwait SC (1-3). Karena jarak pertandingan antara leg 1 & leg 2 cukup jauh, saya memutuskan untuk melakukan dua uji coba melawan PSPS Pekanbaru (2-1) & Persbul Buol (2-0). Selain mematangkan taktik yang akan saya pakai di leg 2 nanti, pertandingan uji coba tersebut juga bisa menjaga kebugaran pemain. PSS berhasil lolos ke babak final setelah memenangkan pertandingan leg 2 dengan skor 4-1 (agg 5-4).


- November -
Sebelum laga final AFC Cup melawan Al-Arabi (KUW), PSS terlebih dahulu menggelar uji coba melawan Blora (1-1). Hasil yang mengkhawatirkan tentunya. Hasil akhir melawan Blora terulang saat melawan Al-Arabi (KUW). PSS bermain dibawah performa terbaiknya, tapi keberuntungan masih berada di pihak PSS karena berhasil memenangkan adu tendangan penalti dengan skor 13-12. PSS keluar sebagai juara AFC Cup 2017 & Illija Spasojevic menjadi MVP di turnamen ini.


Indonesia Super League mulai bergulir bulan ini. Pertandingan pertama PSS sudah harus bertemu dengan Persib Bandung (3-0) & dilanjutkan dengan pertandingan melawan Persela Lamongan (3-1). Awal yang bagus untuk PSS.


Penghargaan

- Desember -
Di bulan ini PSS tak terkalahkan & hanya kehilangan dua poin saat ditahan imbang PSPS Pekanbaru (1-1). Kemenangan sensasional diraih PSS saat mengalahkan Persipura dengan skor yang cukup telak (4-1). Kemenangan lainnya didapat saat melawan Madiun Putra (5-1), Persiba Balikpapan (4-0), & Gresik United (2-0). Hasil positif ini mengantarkan saya mendapat predikat sebagai peringkat kedua Manager of the Month & Syaffarizal Agri sebagai Player of the Month.


Penghargaan

- Januari -
Semua pertandingan di bulan ini berhasil disapu bersih dengan kemenangan termasuk dua pertandingan Piala Indonesia Babak Pertama melawan Jakarta Timur FC (agg 6-0). Kemenangan hebat PSS diraih di pertandingan pertama & terakhir di bulan ini. Di pertandingan pertama PSS berhasil mengalahkan sang juara bertahan, Sriwijaya FC, di kandang sendiri. Sedangkan di pertandingan terakhir PSS berhasil mengalahkan Arema Malang juga di kandang lawan. Rekor kemenangan 100% di bulan ini membawa saya meraih predikat sebagai Manager of the Month.


Penghargaan

Klasemen sementara Indonesia Super League Musim 2017/2018
PSS untuk sementara ini berada di puncak klasemen dengan 40 poin dari 13x menang, 1x imbang, & belum menderita kekalahan. Sedangkan peringkat kedua ditempati oleh Pelita Bandung Raya dengan selisih 10 poin.


Rapor Pemain PSS Sleman (Paruh Pertama)

- Review Paruh Pertama -
Saya sangat puas dengan performa PSS Sleman di paruh pertama kali ini. Berada di puncak klasemen & memiliki rekor pertahanan yang paling bagus di antara para kontestan Indonesia Super League. Lini pertahanan yang kokoh, line tengah yang semakin padu, & lini penyerangan yang produktif menjadi faktor kehebatan PSS kali ini. Semua pemain berhasil menunjukkan performa terbaiknya. Saya harap performa PSS yang seperti ini akan terus berlanjut minimal sampai akhir musim ini.

Bersambung...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar